oleh

DPRD Sumsel Gelar Paripurna LKPJ Gubernur Tahun Anggaran 2016

Kolom:Advertorial|8 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan menggelar rapat Paripurna ke XXIV dengan agenda, penyampaian pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sumatera Selatan tahun anggaran 2016. Rapat berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD provinsi Sumatera Selatan, selasa (04/04/).

Rapat Paripurna dihadiri oleh wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Ir. H. Ishak Mekki. Rapat paripurna dipimpin langsung oleh ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, H.M. Giri Ramanda N. Kiemas, SE, MM, didampingi oleh wakil ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan yaitu H.M. Yansuri, S.IP., Nopran Marjani, S.Pd., dan H. Khairul S. Matdiah, SH, MH.Kes.

Rapat Paripurna di ikuti oleh seluruh anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan serta dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Sumatera Selatan, pimpinan Partai Politik, Sekretaris Daerah (Sekda), asisten Sekda, staf ahli dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala Kantor Wilayah dan kepala Perwakilan serta pimpinan Instansi Vertikal tingkat Provinsi Sumatera Selatan, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan dan Insan Pers. Rapat Paripurna berlangsung mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 wib.

Baca juga :  Jaga Sinergitas Pemprov-PWI, Gubernur Bakal Buka Porwakada 2020 di Lubuk Linggau

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki dalam kesempatan tersebut mewakili Gubernur Sumsel, Ir. H. Alex Noerdin, SH untuk menyampaikan Pidato Pengantar LKPJ Gubernur Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2016.

“Saya akan menyampaikan pidato ini dalam tiga bagian materi yakni, pertama, arah kebijakan umum pemerintahan daerah, kedua, gambaran pengelolaan keuangan daerah, ketiga, capaian kinerja pembangunan,” kata Ishak Mekki saat menyampaikan pidato pengantar LKPJ Gubernur Sumsel.

Ishak Mekki menjelaskan, arah kebijakan umum tertuang dalam RPJMD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2013-2018, yang telah menetapkan Visi “Sumatera Selatan Sejahtera, Lebih Maju dan Berdaya Saing Internasional” dengan 4 (empat) Misi yakni, Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Memantapkan stabilitas daerah, Meningkatkan pemerataan yang berkeadilan, Meningkatkan pengelolaan lingkungan yang lestari dan penanggulangan bencana.
Untuk mencapai Visi dan Misi tersebut, telah ditetapkan tema tahunan dan untuk tahun 2016 bertema “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Strategis”.

Baca juga :  Soal Raperda Pelaksanaan APBD 2019, Wagub Simak Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi DPRD Sumsel 

“Mengacu pada amanat RPJMD dan mempertimbangkan isu-isu strategis maka Prioritas Pembangunan Sumatera Selatan Tahun 2016 adalah, tata kelola pemerintahan yang baik, keamanan dan ketertiban masyarakat, pendidikan, kesehatan dan sosial budaya, penanggulangan kemiskinan, pembangunan pertanian, infrastruktur dan energi, investasi dan pengembangan usaha, pengelolaan lingkungan dan pengendalian bencana dan pengembangan wilayah,” jelas Ishak Mekki.

Mengenai gambaran pengelolaan keuangan daerah sebagai wujud kinerja APBD saat ini lanjut Mekki, masih dalam posisi unaudited atau belum diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

Adapun capaian kinerja pembangunan tahun 2016 menyangkut beberapa urusan antara lain urusan pendidikan, kesehatan, koperasi dan usaha kecil menengah, serta pemuda dan olahraga.

“Capaian urusan pendidikan menunjukkan Angka Partisipasi Murni (APM) SD/MI 92,70 persen pada tahun 2016 meningkat dari tahun 2015, SLTP/MTs 76,80 persen dari 70,92 persen sedangkan untuk SLTA/MA/SMK sebesar 59,00 persen sesuai target yang ditentukan,” ungkap Ishak Mekki.

Baca juga :  Adian Napitupulu kembali puncaki Google Trends

Dalam hal Persentase penduduk miskin di Sumatera Selatan pada September 2016 mengalami penurunan menjadi 13,39 persen dari 13,77 persen pada September 2015, walaupun masih diatas angka nasional.

Setelah penyampaian Pidato LKPJ Gubernur, Rapat Paripurna dilanjutkan dengan membentuk 5 (lima) Panitia Khusus Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2016.

Kelima Pansus sebagai berikut, Pansus I Bidang Pemerintahan, ketua Kartika Sandra Desi, SH., Pansus II Bidang Perekonomian, ketua H. Surip Januarto, SS, MM., Pansus III Bidang Keuangan ketua Muhammad F. Ridho, ST, MT., Pansus IV Bidang Pembangunan, ketua Ir. Herpanto, M.Si., Pansus V Bidang Kesejahteraan Rakyat, ketua Hj. RA. Anita Noeringhati, SH, MH.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita