oleh

Kura-Kura Dilepasliarkan di Taman Wisata Alam Punti Kayu

Kolom:Advertorial|42 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palembang bersama BKSDA Sumsel melepasliarkan 6 ekor Kura-kura daun (Cyclamis dentata) di lokasi hutan lindung kota Taman Wisata Alam Punti Kayu, Jum’at (24/08).

Kura-kura ini merupakan hasil penyelamatan sumber daya ikan dari penggagalan upaya penyelundupan di area cargo bandara SMB II Palembang oleh petugas.

“Ada masyarakat yang mengirimkan secara illegal tanpa dokumen karantina dan bksda sehingga dilakukan penahanan sementara selanjutnya dilepasliarkan,” ucap Sugeng Prayogo kepala SKIPM Palembang.

Baca juga :  Menteri Agama Tunjuk Abadil Jadi Plt Kakanwil Kemenag Sumsel

Ia menjelaskan, sengaja kami lepasliarkan disini agar hewan ini berkembangbiak dan beranak pinak dengan baik sesuai dengan habitatnya.
Kura-kura daun ini bukan merupakan hewan dilindungi namun pemanfaatannya tetap harus ijin kuota dari BKSDA.

Terpisah, Raden selaku pengelola TWA Punti Kayu mengatakan kegiatan ini bagus sekali sebagai bagian dari konservasi hewan yang akan kami dukung terus.

“Kami menghimbau bagi masyarakat yang akan melalulintaskan komoditas perikanan kiranya dapat melengkapi dengan dokumen karantina atau dapst berkonsultasi dengan kami jika belum mengetahui prosedur karantina,” tukasnya. Rip

Baca juga :  Gubernur Prioritaskan Perbaikan Angka Kemiskinan dan IPM Sumsel

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita