oleh

Direnovasi, Kantor Gubernur Sumsel Bakal Miliki Alun-Alun dan Roof Garden

Kolom:Budaya|35 kali dilihat
NuansaKita – Palembang : Direnovasi terakhir pada tahun 2016 silam, gedung kantor Gubernur Sumsel segera dipugar kembali. Tanpa menghilangkan bentuk bangunan aslinya, kantor orang nomor satu di Sumsel itu nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas baru.
Fasilitas itu di antaranya yakni roof garden di bagian lantai atas, dan alun-alun (plaza) di bagian halaman depan. Selain itu, akan dibangun juga stage untuk perfomance masyarakat dan komunitas serta ruang perpustakaan khusus.
Hal itu terungkap dalam rapat membahas renovasi atau pembangunan kantor Gubernur yang digelar di kediaman pribadi Gubernur Sumsel Herman Deru di Kawasan Gandus, Sabtu (03/08) malam.
Herman Deru mengatakan, sejak pertama kali dia mengantor tanggal 3 Oktober 2018 persoalan banjir saat hujan datang sudah dialaminya sendiri. Selain terjadi kebocoran di dalam ruang rapat, air juga menggenang di sekitar halaman kantor. Belum lagi penampilannya yang sudah usang dan instalasi air dan listrik yang kurang memadai.
“Makanya saya langsung panggil Sekda dan Biro Umum untuk menganggarkan renovasi ini. Kita rehab saja tidak usah bangun baru. Alhamdulillah sekarang tender sudah selesai begitu juga kontraknya,” jelas Herman Deru membuka rapat.
Sebagai kantor bersama Iapun meminta sumbang saran mengenai rehab yang akan dilakukan pada gedung yang ditaksir sudah berusia di atas 50 tahun tersebut. “Bangunan ini sebenarnya mirip dengan Hotel Indonesia zaman dulu. Saya ingin kembalikan gedung ini ke bentuk lama dengan  inovasi yang tidak mengubah bentuk aslinya,” jelas dia.
Sementara itu, Tenaga Ahli dari PT. Intimas Mulia Konsultan, Stefanus Erwin menerangkan sesuai arahan Gubernur Sumsel mereka akan berupaya semaksimal mungkin membuat kantor gubernur tampil lebih modern dengan mempertahankan bangunan aslinya.
“Kita akan pertahankan bentuk aslinya dengan sentuhan-sentuhan yang lebih baik. Baik itu penampilan maupun fungsinya,” kata pria yang akrab disapa Erwin itu singkat.
Adapun konsep dasar pengerjaannya lanjut Erwin diupayakan dapat mengembalikan semangat asli desain awal pembangunan kantor itu sendiri. Dengan penambahan lighting untuk mengekspose bangunan agar lebih terlihat eyecatching di sekelilingnya saat malam hari.
“Kita ada rencana dan sudah disetujui pak Gubernur. Di halaman depan dekat jalan utama Kapt A.Rivai akan dibuat alun-alun. Semacam plaza dan nanti ini bisa berfungsi sebagai ruang publik. Ada stage juga untuk perfomance komunitas atau masyarakat umum. Bahkan kedepan kita akan terapkan juga smart building dan green buliding di gedung ini,” jelasnya.
Selain fasilitas di atas, pada renovasi ini Ia juga akan menempatkan satu ruang untuk perpustakaan di bagian depan kantor di lantai dasar. Tak hanya untuk memfasilitasi tamu-tamu yang berkunjung ke kantor Gubernur tapi fasilitas ini juga terbuka untuk umum.
“Kemudian roof garden di lantai atas. Pengelolaan nantinya seperti apa akan disesuaikan tapi yang pasti tujuannya untuk menghijaukan lahan sempit dan bisa juga menjadi tempat pegawai istirahat atau bersantai,” tukasnya. Rip
Baca juga :  Pemprov Terima Donasi 300 Buku “The Power Of Etiquette” dari Lembaga Pendidikan Carissa

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita