oleh

Ibrahim A. Hafid : Sulawesi Tengah Sudah Harus Inventarisir Seluruh Potensi Sumber PAD

Kolom:Budaya|2 kali dilihat

NuansaKita – Palu : Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sudah harus mulai menginventarisir seluruh potensi sumber Pendapatan Asli Daerah dari seluruh sektor, baik itu sektor Migas dan Non Migas. Demikian hal ini dikatakan anggota Komisi IV DPRD Sulteng, Ibrahim A Hafid kepada media. Jumat (16/9/2016).

Menurut Ibrahim, yang merupakan politisi Partai NasDem ini, Sulawesi Tengah memiliki potensi yang sangat melimpah yang hingga saat ini belum dikelola dengan baik, sehingga berbagai potensi itu belum mampu memberikan dampak positif perekonomian daerah ini.

Baca juga :  Pengrajin Kain Sumsel Diharap Menggunakan Pewarna Alami

Salah satu yang seharusnya sudah mulai diintensifkan pengelolaan adalah sektor wisata alam. Karena, lanjut Ibrahim yang juga aktivis 98 ini, Sulawesi Tengah memiliki titik-titik potensi wisata alam yang tersebar di kabupaten-kabupaten.
Padahal, jika potensi potensi wisata itu dikelola dengan perencanaan yang baik, hal ini tidak hanya akan bermanfaat bagi keuangan daerah, tetapi juga secara otomatis mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Dia menambahkan, dengan mengembangkan potensi wisata, dapat meningkatkan peningkatan kunjungan turis ke daerah ini, yang tentunya juga akan menggerakkan sektor hunian dan transportasi, serta kegiatan ekomomi kecil.
“Selama ini kan Sulawesi Tengah masih mengandalkan sektor pertambangan,” ujarnya.

Baca juga :  Kemenag Sumsel Pantau Hilal, Lebaran Jatuh Pada 5 Juni

Apalagi, isu pemekaran Sulawesi Timur kian santer karena Sulawesi Tengah sebagai provinsi induk telah mengeluarkan rekomendasi ke pemerintah pusat. Sementara sebagian besar sumber PAD dari sektor pertambangan berada di kabupaten-kabupaten yang akan menjadi wilayah Sulawesi Timur.

“Sebenarnya secara pribadi saya agak riskan bicara soal Sulawesi Timur, akan tetapi mau tidak mau etah kapan waktunya hal itu akan terjadi. Untuk itulah saya mendorong agar Pemprov Sulteng segera mendata potensi-potensi itu. Dan provinsi mendukung penuh pengembangan potensi-potensi itu,” tutup Ibrahim.(*)

Baca juga :  Armansyah : Sampah Sistem Kue Lapis

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita