oleh

Kemenag Sumsel Gelar Rakor Pimpinan Ormas

Kolom:Budaya|5 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Rakor Pimpinan Ormas Islam se-Sumsel di Hotel Azza Palembang, 05-06 April 2018. Kegiatan ini diikuti 40 peserta serta dibuka Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi, Kamis (05/04) kemarin sore.

Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf Kanwil Kemenag Sumsel Evi Zurfiana menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan interaksi antar umat sebagai upaya membangun kerukunan umat beragama serta mendorong terciptanya situasi dan kondisi yang kondusif bagi kehidupan beragama di Sumsel. Peserta kegiatan berjumlah 40 orang dengan rincian 35 orang dari Ormas Islam dan lima utusan Kanwil Kemenag Sumsel.

Baca juga :  Buka Bersama Sebagai Ajang Mempererat Silahturahmi Masyarakat Sumsel

“Mereka akan mendapatkan pembekalan dari narasumber berkompeten, antara lain pejabat Kanwil Kemenag Sumsel, dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah, dan Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumsel Babel,” jelas Evi.

Terpisah, Kakanwil Kemenag Sumsel, HM. Alfajri Zabidi dalam arahannya berharap, kegiatan ini selain menjadi ajang silaturrahmi, juga menjadi momentum untuk sharing ide antar Ormas Islam serta menciptakan kondisititas antar umat beragama dan seagama yang ditandai sikap saling menghormati, saling menghargai, dan toleransi.

“Kegiatan ini juga amat penting untuk mengantisipasi persoalan SARA yang bisa menjadi pemicu disintegrasi antar umat beragama. Apalagi saat ini banyak berkembang ajaran atau aliran baru yang membuat sekelompok agama terusik. Rakor ini sangat penting dan strategis dalam membangun wacana kesatuan dan persatuan antar umat beragama serta Ormas Islam yang ada di Sumsel,” jelas Fajri.

Baca juga :  Jumputan Hingga Songket Asal Sumsel Ada di Ajang KKI 2019

Dia juga menegaskan bahwa perbedaan dalam berorganisasi adalah sebuah rahmat, yang perlu disatukan dalam bentuk kerjasama dan menjalin hubungan yang baik antar Ormas Islam.

“Ormas Islam diharapkan dapat selalu bersinergi dan membuat strategi bersama menghadapi arus globalisasi dan dampak yang ditimbulkan,” tukas dia. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita