oleh

MAHAKAM ULU DARURAT NARKOBA

Kolom:Budaya|3 kali dilihat

Penulis :  Stanislaus Nyopaq (Ketua IMKMU)

Mahakam Ulu saat ini tengah dilanda darurat Narkoba, mengapa tidak?? Narkoba telah merasuk bukan lagi dikalangan dewasa dan orang tua namun juga telah merasuki anak-anak yang merupakan para generasi-generasi penerus daerah Mahakam Ulu itu sendiri, jika generasi muda kita saja sudah dirusak bagaimana bisa daerah kita mampu bersaing dengan daerah-daerah lain diluar sana, sangat miris ketika kita tetap membiarkan para Biadab yang mempunyai kepentingan berkelanjutan dalam bisnisnya tetap tumbuh, dan semakin menumbuh suburkan kehancuran generasi kita, coba saja kita fikirkan bisnis mereka ini sangat sistematis perencanaannya, Para Bandar memasukkan Narkoba sejak dini pada anak-anak kita karena ingin mereka telah mengenal dan bergantung sejak dini dengan Narkoba, sangat miris ketika masyarakat tidak ingin ikut bergerak MELAWAN memerangi darurat Narkoba ini karena seperti yang kita ketahui “Darurat” berarti sudah sangat harus menyita perhatian kita semua, jika kita hanya diam dan menyerahkan semuanya dengan aparat, kita hanya akan terus dibodohkan dengan para pemilik kepentingan ini.

Baca juga :  Kemenag Sumsel Gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji

Kenapa saya mengatakan hal ini merupakan “Pembodohan” karena antara oknum aparat dan sang Bandar telah melakukan kesepakatan kerja sama agar bisnis ini terus berjalan, dan saat ini muncul subjektivitas ditengah masyarakat bahwa pihak kepolisian hanya “berpura-pura” menangkap para pengedar narkoba di daerah kita. Agar apa??? agar tetap menjaga citra pihak aparat dimata masyarakat, dan atasan mereka. Ini sudah menjadi masalah serius karena semakin meresahkan masyarakat, ketika para orang tua kini lebih takut kepada anak-anak mereka, orang tua dipaksa memberikan uang hanya untuk membeli narkoba yang sama sekali tak ada manfaatnya dan hanya akan merusak moral daerah kita sendiri, dan bukan hal yang asing lagi jika tak mendapatkan uang dari orang tua, anak-anak ini kemudian semakin terjerumus dengan moral yang rusak karena harus mencuri bahkan tak jarang mereka melakukan hal-hal diluar kontrol dan sangat meresahkan masyarakat sekitar.

Baca juga :  Capaian Respon Rate Sensus Penduduk Online Sumsel Tertinggi Kedua Nasional

Saya mengutip sambutan yang disampaikan oleh Bapak Bupati Mahakam Ulu Pada september tahun 2017 lalu, dalam pengukuhan pengurus Markas Cabang Laskas Merah Putih Mahulu, di Lamin Adat Kampung Ujoh Bilang, kecamatan Long Bagun, bapak bupati kita Bonifasius Belawan Geh meminta seluruh elemen masyarakat untuk bersatu mencegah dan membasmi peredaran narkoba di kabupaten Mahakam Ulu, menurutnya jika narkoba dibiarkan beredar, maka akan mempengaruhi pembangunan Mahulu yang masih belia ini. Beliau menghimbau “jika mengetahui narkoba, perjudian, miras serta pergaulan sosial yang tidak baik, laporkan ke pihak yang berwajib untuk segera diambil tindakan segera. Siapapun warga terlibat, wajib diproses hukum. Tetapi harus menjunjung tinggi supremasi hukum.Masyarakat, LSM atau Ormas jangan bertindak sendiri, laporkan jika mengetahui, Polri dan TNI untuk segera menyelesaikan masalah itu “.

Baca juga :  Gubenur Alex Noerdin Paparkan Pengelolaan Lingkungan Hidup Di Sumsel

Mengkritisi hal tersebut saya sependapat bahwa narkoba memang harus diberantas oleh seluruh elemen masyarakat, tetapi bagaimana dengan telah hilangnya kepercayaan masyarakat dengan pihak aparat yang seharusnya memproses hal tersebut tapi malah oknum-oknum aparat inilah yang bekerja sama untuk menumbuh suburkan peredaran narkoba di daerah kita, apa kita harus diam setelah sekian banyak laporan yang telah kita berikan kepada pihak aparat tapi malah oknum-oknum inilah yang ”memberikan perlindungan” kepada para perusak moral itu.
Akhir kata, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut mengambil bagian dalam pemberantasan narkoba di daerah kita tercinta ini untuk menyelamatkan para generasi penerus Mahakam Ulu, karena hanya satu kata untuk menyelamatkannya saat ini, “LAWAN!!!!!! Karena ”KEREN TAK HARUS DENGAN NARKOBA”

Salam Pemuda Mahulu!!!


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita