oleh

Peringati Sumpah Pemuda, Organisasi di Sumsel akan Deklarasikan Gerakan Bhineka Tunggal Ika

Kolom:Budaya, Headline|0 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Beberapa organisasi dari berbagai unsur masyarakat mengadakan acara diskusi tentang Bhinneka Tunggal Ika. Acara diskusi tersebut berlangsung di kedai Kopinian, selasa (25/10).

Dalam acara tersebut para pimpinan dan perwakilan organisasi yang hadir berencana mengadakan deklarasi bersama Gerakan Bhinneka Tunggal Ika (GBK) pada tanggal 26 Oktober 2016 di Taman Makan Pahlawan.

Salah satu tokoh inspirasi masyarakat Sumatera Selatan, Belman Karmuda turut hadir dalam acara diskusi tersebut.

Dalam kesempatan itu Belman yang juga merupakan inisiator Gerakan Bhinneka Tunggal Ika mengatakan, bahwa pada waktu Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 para pemuda yang mewakili daerah atau pulau di nusantara berikrar untuk bersatu sebagai sebuah bangsa yang bernama Indonesia, ujarnya

Baca juga :  Gelar Rakor Khusus Karhutla, Alex Noerdin : 3 atau 4 Tahun Lagi Tidak ada Lagi Kegiatan Ini

Para pemuda pada waktu itu seperti jong Ambon, jong Sumatera, jong Java, jong Celebes berkumpul menyatukan perasaan yang sama sebagai sebuah bangsa.

Kemudian lanjutnya. Semangat atau spirit ini harus selalu dikobarkan terutama menghadapi perkembangan situasi yang akhir-akhir ini cenderung mengarah kepada disintegrasi.

Belman mencontohkan adanya pembakaran rumah ibadah di daerah Sumatera Utara. Kemudian muncul isu anti etnis tertentu. Nah hal ini kita harapkan tidak boleh terjadi di Sumatera Selatan. Masyarakat di Sumatera Selatan cinta damai dan gandrung akan persatuan. Tegasnya

Baca juga :  Dorong Kemajuan Pelaku UMKM, Komisi IV DPR RI Lakukan Kunker ke Palembang

Sementara itu sekretaris Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma (KMHDI) Sumatera Selatan, Made Suarte sepakat jika nanti diadakan deklarasi Gerakan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami pada dasarnya sepakat jika nanti di adakan deklarasi Bhinneka Tunggal Ika karena dengan begitu kita dapat terus hidup berdampingan dalam kedamaian sebagai sebuah bangsa yang merdeka”.urainya

Adapun organisasi yang terlibat dalam acara diskusi tersebut diantaranya, Komunitas BreJo, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Sumatera Selatan, Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Sumatera Selatan, Pondok Kasih Sumatera Selatan, Karang Taruna Kota Palembang, Masika ICMI, Jaman, Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), GMDM dan masih banyak lagi organisasi lainnya. (sibawaihi)

Baca juga :  Porprov Prabumulih Diminta Jadi Ajang Perbaiki Prestasi PON Sumsel di Papua

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita