oleh

Suharno Manaf Pamerkan Lukisan diatas Kain Jumputan

Kolom:Budaya|140 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sanggar Seni Setia yang beralamat di Jalan DI Panjaitan Lorong Sekawan 3 No. 232 Plaju Palembang mengadakan acara Gelar Karya Lukis Jumputan Suharno Manaf di hotel 7Dream Puncak Sekuning (16/02).

Suharno Manaf mengatakan dalam pagelaran kali ini ada 34 karyanya ditampilkan. “Mudah-mudahan dapat memberikan stimulus kepada generasi muda dalam mengenalkan teknik prosesing jumputan.

Seni lukis jumputan diatas baju, kaos atau kain merupakan ekspresi pribadi yang lahir secara spontan, begitu jadi ada yg cepat ada yg lambat dan bertahap.

Teknik jumputan adalah cara pemberian motif diatas kain yang dilakukan dengan mengisi dan melipat kain dengan cara tertentu, kemudian mencelupnya pada larutan pewarna.

Baca juga :  Tonton Langsung Konser Sriwijaya Dipta, Alex Nyatakan Bangga

Bagi Suharno, membuat kain dengan teknik jumputan tidaklah sulit, terbukti untuk membuat pola dasar jumputan, ia hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Lukisan cat air, cat minyak, sudah biasa, menggunakan media jumputan mungkin yang pertama kalinya di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu Taslim selaku operation manager hotel 7Dream mengatakan kami selaku masyarakat memberikan dukungan kepada dunia seni terutama pagelaran seni teknik jumputan bapak Suharno Manaf.

Seni lukis jumputan ini hanya ada di kota Palembang oleh karena itulah kami ingin mengadakan di hotel 7Dream ini.

Baca juga :  Pembangunan Poltekpar Palembang Tercepat di Dunia

Lebih lanjut Taslim mengatakan bahwa even seperti ini akan lebih sering digelar oleh hotel 7Dream untuk mengenalkan budaya dan pariwisata Palembang. “Apalagi kita sebentar lagi akan menjadi tuan rumah Asian Games maka dari itu hotel 7Dream siap mendukung dengan menggelar even budaya seperti pagelaran seni dan lomba mewarnai dengan tema budaya Palembang dan juga hotel 7Dream menyiapkan promo menarik bagi masyarakat kota Palembang,” ungkapnya.

Acara tersebut dibuka oleh Kadin pariwisata kota Palembang Isnaini Madani dalam sambutannya Isnaini mengatakan bahwa Pemerintah Kota Palembang memberikan apresiasi kepada Suharno Manaf. “Kami atas nama pemkot sangat mendukung dan memberikan apresiasi kegiatan seperti ini apalagi kita tahu bahwa bapak Suharno Manaf adalah pelopor seni lukis jumputan,” ujarnya.

Baca juga :  Kesbangpol Kota Gunakan Layanan Berbasis ITE

Kemudian tambahnya teknik jumputan ini termasuk kategori wow, unik, dan khas ini supaya kedepan menjadi konten utama pariwisata seni lukis kita di kota Palembang

Isnaini juga menjelaskan rencana Pemkot membuat pasar seni di monpera samping musium akan direhab menjadi pasar seni menjadi kawasan integrasi dan tidak terpindahkan.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat pada hari jumat kami akan memaparkan hal itu di hadapan sponsor, investor dan pelaku CSR dalam acara coffe morning bersama walikota palembang,” pungkasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita