oleh

Target Sebelum Asian Games 2018, Pemprov Sumsel Kembangankan Pariwisata di Sepanjang Sungai Musi

Kolom:Budaya|21 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Dalam rangka menyambut event internasional Asian Games 2018, pemerintah provinsi Sumatera Selatan terus berupaya mengembangkan potensi industri pariwisata di Sumsel.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan provinsi Sumsel dalam moment yang tepat pada saat mata dunia tertuju pada Sumsel. Kali ini pemprov Sumsel akan memfokuskan pembangunan pariwisata di sepanjang Sungai Musi.

Selain Potensi wisata Alam, dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Priwisata (Disbudpar), Irene Camelyn Sinaga, Rabu (14/12) di hotel Arista Palembang, mengatakan, target  seleaai pengembangan Pariwisata disepanjang Sungai Musi sebelum perhelatan akbar Asian Games 2018.

Baca juga :  Asian Games 2018 Semakin Dekat, Alex Kembali Ingatkan Wako Palembang

“Ini akan kita fokus kembangkan pada 2017 hingga 2018 mendatang,”ucapnya.

Alasan dibalik pengembangan industri Pariwisata disepanjang Sungai Musi, dikatakan Irene, karena potensi wisatanya sangatlah bagus dan keasliannya masih terjaga dengan baik.

“Ada Kampung Kapitan, Almunawar, Pasar Sekanak dan masih banyak lagi wisata yang bisa kita kembangkan,” jelasnya.

Namun, sambung Irene,  pengembangan Pariwisata di Sumsel masih terkendala anggaran yang minim. “Kendala kita dalam mempromosikan Pariwisata Sumsel adalah anggarannya yang besar. Sementara anggaran Tahun depan hanya Rp. 9 Miliar,”ungkap dia.

Baca juga :  Angkatan Pertama Poltekpar, Irene Camelyn : Kita Benar-Benar Jor Joran

Untuk itu lanjut Irene dengan dibentuknya BPPD Sumsel diharapkan dapat membantu Disbudpar untuk menarik dana-dana dari luar. “Seperti penyelenggaraan event-event Pariwisata nantinya akan dibantu BPPD,”cetusnya.

Dalam kesempatan yang sama,  Ketua BPPD Sumsel Ahmad Yani menjelaskan tiga tugas penting yang diemban oleg BPPD Sumsel. Yang pertama adalah mengintegrasikan unsur – unsur asosiasi pendukung pariwisata. “Seperti PHRI,ABJI, dan ASITA untuk membantu mengembangkan pariwisata kita. Karena masing-masing unsur tersebut tidak bisa berjalan sendiri-sendiri,” urai A Yani.

Lalu tugas kedua adalah mengintegrasikan program wisata Provinsi dengan Kabupaten untuk menjadi satu kesatuan promosi wisata Sumsel. “Yang ketiga, kita akan mencoba meningkatkan fasilitas wisata yang ada di Sumsel salah satu tujuannya untuk meningkatkan wisatawan, wisman dan devisa. Saya lihat Disbudpar sudah memiliki Kalender event Pariwisata artinya ada banyak event yang akan dilaksanakan nanti,”lanjutnya.

Baca juga :  Presiden SFC Jalin Kerjasam Akademi Sepakbola Dengan Presiden Barcelona FC

Dengan berjalannya tiga tugas pokok ini, dirinya mengharapkan BPPD dapat memberikan berbagai  efek positif kepada Pariwisata Sumsel. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita