oleh

AKUMANDIRI Diharapkan Bisa Akomodir UMKM di Sumsel

Kolom:Ekonomi|4 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Ketua Dewan Pimpinan Pusat Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah (DPP IUMKM) Hermawati Setyorinny, secara resmi melantik ketua DPW Assosiasi IUMKM Sumsel Apit Fathurohman dan pengurus (AKUMANDIRI), di Aula SMK 3 Palembang Jalan Srijaya Negara, Jumat (09/09).

Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Kabid UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Sumatera Selatan Yazuli, Kabid Pengembangan Bisnis UMKM Non Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel.

Yazuli mengatakan, kegiatan UMKM Sumsel sangat banyak dan bervariasi seperti produk-produknya ,sebenarnya produk UMKM Sumsel tidak kalah dari produk-produk di luar Sumsel “Satu hal yang harus kita benahi, bagaimana kita memperkuat produk, memperkuat pemasaran, kemudian bagaimana kita meningkatkan manajemen,” ajaknya.

Baca juga :  Percepat Proses Pembukaan Rekening Investor, 98 Pelaku Industri Pasar Modal Segera Gunakan Perangkat Baca KTP Elektronik

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan AKUMANDIRI dan berharap dengan AKUMANDIRI UMKN yang sangat banyak di Sumsel bisa terakomodir keinginannya, terutama peningkatan mutu produk, desain produk termasuk juga didalamnya pemasaran.

“Seperti kita ketahui bahwa kita sudah masuk dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN, mau tidak mau suka, suka tidak suka kita Harus bersaing. Justru itu semakin banyak yang melakukan pembinaan UMKM Menurut kami semakin bagus. UMKM ini bukan hanya tugas pemerintah , tugas masyarakat tetapi tugas kita semua termasuk anda semua,” katanya.

Baca juga :  Karet Sumsel Belum Penuhi Kriteria Pangsa Pasar Internasional

Sementara itu Hermawati Setyorinny Ketua DPP IUMKM mengutarakan, target UMKM naik kelas, program pemerintah banyak, bagus-bagus tapi UMKM tidak mengerti cara mengaksesnya. “Bagaimana caranya? UMKM bisa mendapatkan haknya, caranya pengurus juga harus mengerti peraturan, dia harus berusaha maju ke dinas-dinas untuk bekerja sama,” jelasnya.

Ditambahkannya, Asosiasi ini baru tetapi real, nyata seluruh pengurus di pandu cara berorganisasi yang benar. Saat ini di Indonesia telah mempunyai 35 cabang yang tersebar di provinsi dan kabupaten/kota dengan anggota hampir satu juta “Kita sudah mempunyai perwakilan di luar negeri seperti di Rusia, Jerman, Inggris dan barusan terbentuk AKUMANDIRI Belanda, Singapura Hongkong dan Cina. Saat ini kita sosialisasikan melalui pengurus selain itu kita ada website serta bekerjasama dengan pemerintah dan pihak swasta lainnya,” paparnya.

Baca juga :  Launching LRT Sumsel, Pemprov Berencana Undang Menteri Perhubungan

Ketua DPW IUMKM Sumsel terpilih, Apit Fathurohman mengatakan, ditunjuk dirinya sebagai pengurus merupakan amanat yang berat, oleh karena itu ia mengajak pengurus bekerja keras untuk memajukan perekonomian dengan cara menaikkan kelas UMKM.

“Pengusaha UMKM tidak hanya berarti bagi keluarganya tetapi berarti bagi pemerintah dan masyarakat. Kami minta dukungan kepada pemerintah baik yang di provinsi maupun kota untuk menumbuhkan ekonomi di Sumsel,” tutupnya.(juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita