oleh

BUMDes Kopik Mira Berharap Berkembang Dan Maju

Kolom:Ekonomi|27 kali dilihat

NuansaKita – Sekayu :  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kopik Mira di Desa Sidomukti Kecamtan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasi Sumatera Selatan yang di dirikan tanggal 12 Desember 2016 dan mulai aktif per 1 Januari 2017 dengan dua unit usaha yaitu : a.Jasa Keuangan Mikro b.Pengelolaan Pasar Desa Sidomukti. Hal Ini disampaikan Yudhi Habibi,ST MAP selaku Tenaga Ahli   Teknologi Tepat Guna (TA. TTG) Kabupaten Musi Banyuasin Kepada Media NuansaKita  Selasa, 25/062019.

Menurut Yudhi, Jasa Keuangan Mikro ( JKM ) merupakan produk jasa di bidang permodalan dalam sekala mikro dengan memberi pinjaman kredit ke masyarakat dengan syarat mudah, jasa pinjaman kecil dan angsuran ringan.  JKM dibentuk karena di desa Sidomukti selama ini dalam hal pinjaman kredit permodalan dikuasai oleh koperasi keliling,rentenir, dan lembaga keuangan non Bank yang sangat memberatkan masyarakat Desa
Sidomukti dalam hal kebutuhan modal usaha. Untuk lebih memasyarakatkan Produk JKM, Maka Produk jasa Bum Desa Mukti Bersama di beri nama KOPIK MIRA , yaitu Kelompok Pinjaman Kredit Milik Masyarakat. Dengan Platfond pinjaman sebesar Rp, 5.000.000,-. Sasaran nasabah Bum Desa Mukti Bersama adalah warga desa Sidomukti yang memiliki usaha pengrajin mebel, Pedagang sayur keliling, Pedagangang Jajanan Pasar, Pedagang candak kulak ( Tukang Kenyot ), sol sepatu, dan usaha kecil lainnya. JKM juga menampung transaksi perbankandengan mengembangkan usaha JKM menjalin kerja sama dengan pihak ketiga yaitu Bank BRI. JKM menjadi Agen BriLink. Adapun Usaha Ini Kami Beri Nama BUSTANOL ( Bumdes Transaksi On Line ).

Baca juga :  Exit Tol di OKI Dibangun di Wilayah Mataram Jaya

Yudhi menjabarkan,  Permasalahan JKM adalah tunggakan nasabah. Yang mana JKM Harus meliki keuntungan profit, namun juga benefit. Dalam hal tunggakan angsuran JKM melakukan pendekatan secara kekeluargaan sehingga nasabah merasa bahwa JKM betul betul milik masyarakat yang semua nasabah wajib
mengembalikan Pinjaman kreditnya tepat waktu. Dengan pendekatan kekeluargaan inilah maka nasabah JKM tidak ada yang menuggak angsuranya. Dan hanya 3% yang lambat bayar angsuran. Disekitar desa Sidomukti banyak perusahaan yang mempekerjakan warga desa Sidomukti dan warga desa tetangga yang sistem pembayaran gajinya melalui Bank. BriLink dalam melayani nasabahnya terkendala dengan permodalan.

Baca juga :  Kelompok Tani di OKUT Dapat Bantuan Alat-alat Pertanian

Tentang Capain, Jasa Keuangan Mikro ( JKM ) Target tahun 2018
A. Target Produk KOPIK MIRA
1.Nasabah 78 debitur
2.Platfond pinjaman Rp, 4.000.000,-
3.Nilai pinjaman Rp, 312,000,000,-
4.Keuntungan jasa pinjaman Rp, 31,200,000,-
5.Keuntungan dari Biaya administrasi Rp, 3,120,000,-
AA.Pencapaian Produk KOPIK MIRA s/d Bulan November 2018
1.Nasabah 86 debitur
2.Platfond pinjaman Rp, 4,000,000,-
3.Nilai Pinjaman Rp, 344,000,000,-
4.Keuntungan jasa pinjaman Rp, 27,950,000,-
5.Keuntungan dari Biaya administrasi Rp, 3,440,000,-
Uang beredar di Nasabah Rp, 212,200,000,-
Pencapaian target s/d November 2018 110 ( over target 10% )

Baca juga :  Bulan Kedua November, Ground Breaking Pipa Gas Pertamina

Badan Pengelola Bum Des Mukti Bersama menanamkan sistim kerja yang Dinamis, sportifitas yang tinggi, mengutamakan spiritual working dan penuh tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok masing- masing. Sehingga Kami dapat mengangakat nama Desa di tingkat Kabupaten dengan mendapatkan predikat Bum Desa Berprestasi Ke 3 Di tahun 2017, dan ke 2 di tahun 2018.

Jadi Untuk Pembelajaran, Menurut Yudhi yang sudah menjadi pendamping Didesa selama belasan Tahun ini, Dengan berkembangnya Unit Jasa Keuangan Mikro, Maka Kami di tahun 2019 akan mengembangkan usaha ini lebih luas lagi,yang manfaatnya dapat di nikmati langsung oleh masyarakat desa Sidomukti dan penyumbang PAD Untuk desa Sidomukti. Adapun usaha tersebut berupa Mini Ansuransi kesehatan, Sewa Guna Usaha untuk menjadi dasar pendirian Bank Desa.
Semoga dengan semangat membangun desa, Bank Desa Mukti Bank akan segera berdiri di Desa Sidomukti.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita