oleh

Forum CSR Kesos Siapkan Relawan Untuk Sukseskan Setiap Kegiatan

Kolom:Ekonomi, Headline|15 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Ketua Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kesos Sumatera Selatan. Riantoni Natakusuma, mengatakan kita sudah persiapkan segala sesuatunya untuk forum CSR kedepan antara lain, kita sudah melakukan pendekatan audiensi dengan beberapa perusahaan, walaupun nantinya masih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang lain yang akan kita gandeng untuk bergabung ke forum CSR kesos khususnya.

Lanjut Rian, kita akan lakukan MoU. MoU baik dengan corporate kemudian dengan perguruan tinggi, dengan dewan kesenian kota kemudian dengan stakes holder yang lain.

Kita juga sudah siapkan relawan CSR kesos Sumatera Selatan kemudian ada komunitas darah mulia, rumah kreatif yang tadi sudah kita bahas rencana-rencana kedepan.

Setelah itu kita akan lakukan mulai sosial maping, sosial maping itu termasuk pendataan, sosial maping dan assesment untuk bahan baik perusahaan yang tergabung dalam forum ini untuk menjalankan program-program CSR-nya. Edukasi sosialisasi kemudian advokasi dengan perguruan tinggi yaitu rencana riset dan kajian-kajian yang akan kita seminarkan baik seminar nasional maupun internasional. Jelas Rian setelah melakukan audiensi dengan gubernur Sumsel di griya agung, Jum’at (11/11).

Baca juga :  Kunjungi Pemprov Sumsel, Garuda Kabarkan Layanan Penerbangan Dibuka Kembali

Kemudian juga kita adakan kegiatan event-event seperti partner mitra award, itu event yang memberikan penghargaan dari pemerintah pusat bagi perusahaan yang sudah menjalankan CSR dengan baik. Kemudian ada lagi CSR Innovation Competity itu event dimana CSR perusahaan itu membuat suatu inovasi-inovasi baru terhadap program-program CSR. Kemudian kita juga akan selenggarakan pemilihan duta CSR baik provinsi maupun nasional.

Selain itu, event yang kita lakukan pembinaan, pemberdayaan kepada PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) itu juga terkait dengan rumah kreatif, dan dinas pariwisata kota Palembang dalam membenahi fasilitas dari wisata, rumah rakit maupun kapal-kapal penyeberangan.  Kita juga akan perbanyak kegiatan donor darah yang dibantu oleh relawan CSR kesos yang akan dibentuk. Untuk sekarang baru relawan intinya yang kita bentuk ada sekitar 54 orang dari lima perguruan tinggi, dari Unsri, Unpal, UBD, kemudian dari UIGM dan UMP.

Baca juga :  Perbankan Diminta Proaktif Salurakan KUR kepada Pengusaha Kecil

Selanjutnya mengenai soal waktu pengukuhan Riantoni Natakusuma mengatakan akan melakukan dalam waktu secepatnya. Demikian papar Rian kepada awak media dengan semangat.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Sosial, Belman Karmuda, SH, M.Si, mengatakan bahwa forum CSR kesos merupakan mitra Dinas Sosial, mitra pemerintah yang menggerakkan, mengorganisir, menghimpun, sumber-sumber dana dari perusahaan-perusahaan swasta maupun BUMN untuk membantu pemerintah dalam rangka pemberdayaan masyarakat, jadi sangat berarti sekali.

Artinya menurut Belman pemberdayaan sosial bukan hanya tugas pemerintah tapi juga tugas dunia usaha yang tentunya harus melalui satu lembaga untuk mengkoordinirnya, agar ini terorganisir, tepat sasaran dan sistimatis.

Baca juga :  Pemerintah Pusat Berikan Mobil Laboratorium Untuk Sumsel

Pertama tadi sudah diarahkan oleh bapak gubernur, Alex Noerdin, mari kita bertindak lokal tapi berpikir internasional. Ungkapnya seusai ikut mendampingi ketua forum CSR kesos menghadap gubernur.

Tentunya banyak sekali permasalahan sosial seperti kemiskinan dan lain sebagainya termasuk potensi-potensi yang dimiliki oleh masyarakat, terutama dengan keterampilan termasuk juga kerajinan-kerajinan khas dari Sumatera Selatan. Pungkas Belman. (Sibawaihi)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita