oleh

Jajaki Pemulihan Lahan Gambut Terdegradasi, CIFOR dan Unsri Teken Kerjasama

Kolom:Ekonomi|77 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Melanjutkan komitmen menjajaki peluang pemulihan lahan gambut terdegradasi melalui teknik paludikultur di Sumatera, Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR) dan Universitas Sriwijaya (Unsri) menandatangani nota kesepahaman, di kantor CIFOR di Bogor, Jum’at (20/07).

“Unsri merupakan lembaga pendidikan terkemuka di Sumatera Selatan dan merupakan mitra di salah satu proyek penelitian tentang sistem bioenergi berkelanjutan untuk memulihkan dan menaikkan nilai lahan terdegradasi, terfokus pada budidaya spesies yang dapat berhasil di tanam di jenis lahangambut terdegradasi dan mengembalikan lahan menjadi hutan lestari dan menghasilkan biomassa dan bio-minyak” kata peneliti utama CIFOR, Himlal Baral.

Baca juga :  Alex Noerdin Jadi Narasumber ZEV Summit di Inggris

Profesor Universitas Sriwijaya, Rujito Agus Suwignyo menyampaikan, melalui kolaborasi dengan CIFOR, ia berharap, kegiatan ini bermanfaat dan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Kolaborasi yang dilakukan akan diarahkan pada kegiatan yang bermanfaat untuk kedua belah pihak termasuk berfokus pada cara-cara meningkatkan penelitian dan publikasi,” ujarnya.

Sebelumnya, kedua institusi ini telah berkolaborasi dalamlokakarya media, seperti Global Landscapes Forum Peatlands Matter dan Asia-Pacific Rainforest Summit, dan mentoring mahasiswa master lokal dan internasional. Saat ini, CIFOR dan Universitas Sriwijaya sedang mengerjakan proposal proyek Bersama tentang Pemulihan lahan gambut untuk iklim, lingkungan dan masyarakat melalui paludiculture menggunakanpendekatan multidimensi.

Baca juga :  Tedy Wirawan : Jika Ada Produk Obat Atau Makanan Tidak Layak Laporkan Ke BPOM

Penandatanganan nota kesepahaman ini memungkinkan keduainstitusi untuk terus bekerja sama dalam berbagai proyek, termasuk kesempatan pendidikan bagi mahasiswa Unsri, bantuan teknis, pertukaran informasi dan kegiatan pemahaman publik.

Selama kunjungan resmi, perwakilan dari Unsri, termasuk Rektor Unsri, Profesor Anis Saggaff dan Wakil Rektor, Profesor Zainuddin Nawawi, bertemu dengan DirekturJenderal CIFOR Robert Nasi dan peneliti-peneliti lainnya, mengikuti tur kampus dan mengunjungi laboratorium.

Saat ini penelitian CIFOR tentang bioenergi didukung oleh National Institute of Forest Sciences (NIFOS), Korea. Rip

Baca juga :  Kabupaten Banyuasin Diminta Fokus  Kembangkan Pertanian & Perkebunan  

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita