oleh

KUR bantu Kembangkan UMKM di Sumsel

Kolom:Ekonomi|26 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Kredit usaha rakyat (KUR) merupakan salah satu program Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang tengah gencar disosialisasikan bagi para pengusaha mikro dan menengah di Provinsi Sumatera Selatan sebagai bentuk dukungan dari pemerintah.

Menurut Kepala  Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumsel, Ahmad Rizal dengan membuat program KUR, diharapkan UMKM di Sumsel bisa terbantu. “UMKM perlu di bantu, tapi tidak dengan cara salah. Pemerintah selalu mendukung UMKM, sekarang banyak yang salah dengan pengunaaan dana bantuan. Pola seperti itu tidak cukup hidupkan UKMK.” Ujar Ahmad Rizal saat pembukaan sosialisasi KUR, Selasa (4/10) di hotel Batiqa.

Baca juga :  Modal Rp. 100 Ribu, Gadis Ini Jadi Jutawan

Sosialisasi ini dilakukan karena saat ini serapan KUR di Sumsel masih sangat rendah. “Sosialisasi KUR ini dengan bunga 9 persen, sebenarnya bukan 9 persen tetapi 19 persen, 10 persennya lagi di subsidi oleh pemerintah. Ini merupakan keinginan pemerintah untuk bantu.” Tambahnya.

Sementara itu, perwakilan Kementerian Koperasi Dan UMKM, M hasyim mengatakan  bahwa pemerintah mencoba memberikan bantuan dengan bunga rendah, total penyalur KUR (2007-2014) sebesar Rp. 178,84 Triliun. Pemerintah hanya mensubsidi bunga saja, sedangkan untuk dana KUR sendiri uangnya murni dari bank. “program KUR ada 3 yaitu micro ritel, ritel, dan tki. Dibulan juli sumsel urutan ke 14 dari 34 provinsi dengan total plapon 1,1T,” Jelasnya Menurut Hasyim , Manfaat KUR bagi UKMK membantu pembiayaan untuk mengembangkan usahanya, bagi pemerintah sebagai penanggulangan kemiskinan dan penambahan tenaga kerja (juwita)

Baca juga :  Jajaki Pemulihan Lahan Gambut Terdegradasi, CIFOR dan Unsri Teken Kerjasama

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita