oleh

Pasar 3-4 Ulu Butuh Renovasi Pemkot Palembang

Kolom:Ekonomi|41 kali dilihat

NuansaKita – Palembang :  Kondisi Pasar 3-4 Ulu sudah Full dan tidak bisa lagi menampung para pedagang. Bahkan, banyak pedagang yang berjualan sampai ke lahan parkir. Hal ini membuat pasar yang sudah berusia 47 tahun ini butuh segera perbaikan atau renovasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan PD Pasar Palembang Jaya.

Ketua pasar 3-4 Ulu, Muhammad Ali mengatakan, pasar 3-4 Ulu perlu segera direnovasi. “Kondisi pasar sekarang sudah Full dan tidak bisa lagi menampung para pedagang,” kata Muhammad Ali,  (16/01).

Selama ini belum ada bantuan baik dari Pemkot Palembang dan PD Pasar Palembang Jaya ke pasar 3-4 Ulu. “Kalau untuk renovasi pasar selama ini dari hasil sumbangan para pedagang,” ujarnya.

Baca juga :  HUT PT. Semen Baturaja Ke 43

Jumlah pedagang di pasar 3-4 Ulu hampir 300 sedangkan jumlah lapak ada  230. “Ini sudah melebihi kapasitas pasar, sampai banyak pedagang baju bekas yang berjualan di lahan parkir,” imbuhnya.

Lokasi pedagang baju bekas ini  sebelumnya berada di lapak ikan. Karena kondisi lapak  ikan kecil dan juga tidak sesuai membuat banyak pedagang pindah sejak 2013. “Kebanyakan pedagang Baju bekas ini warga sekitar,  jadi selama ini mereka terpaksa berjualan di lahan parkir karena tidak ada tempat lagi,” ujarnya.

Baca juga :  Kuota BBM Solar Bersubsidi, Sumsel Dapat Tambahan 3 Juta Liter

Belum lagi pedagang dari pasar 2 Ulu banyak yang mau pindah ke pasar 3-4 Ulu. “Mereka rencananya nanti akan digusur karena akan ada pembangunan Musi Enam, tapi saya tolak dulu karena pedagang lama saja sudah banyak,” bebernya.

Lanjut Muhammad Ali, dirinya berharap agar pasar 3-4 Ulu segera direnovasi seperti pasar Soak Bato. “Saya berharap pasar ini segera direnovasi, karena selain jumlah pedagang yang berlebihan, ruangan kantor dan mushola saja kami tidak ada, pembatas pagar antara rumah warga dan pasar tidak ada dan juga kondisi tanah yang rendah apabila hujan akan banjir,” harapnya.

Baca juga :  Dinaskertran: Tenaga Kerja Tidak Kompeten Jelas Kalah Bersaing

Sementara itu, salah seorang pedagang baju, Nasution, mengatakan sudah setahun berjualan baju bekas di depan parkir. “Karena tidak ada lagi lapak, terpaksa saya berjualan di lahan parkir,” kata Nasution.

Ia menambahkan, dirinya berharap pasar 3-4 Ulu nantinya segera mempunyai lapak yang layak di dalam pasar. “Kalau bisa kepada kepala pasar yang baru ini (Muhammad Ali, Red) dan Pemkot Palembang untuk  segera memberikan tempat lapak bagi kami,” pungkasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita