oleh

PATANI Tawarkan Lahan Untuk Investor

Kolom:Ekonomi|10 kali dilihat

Nuansakita – Palembang : Dalam memudahkan dalam mencari lahan dalam bidang pertanian, maka  Pandu Tani Indonesia (PATANI) akan segera Melaunching aplikasi Lapak Pataniku yang bisa di akses melalui online dengan nama Lapak Pataniku Online.

Lapak Pataniku Online merupakan aplikasi yang dapat di akses oleh Investor untuk mencari lahan-lahan yang pemiliknya bisa diajak untuk kerjasama, seperti yang dilakukan PATANI Pusat dengan Investor yang akan bekerjasama membangun pabrik gula di Muratara.

Pembuatan aplikasi ini diharapkan memudahkan mencari lahan yang jumlahnya puluhan ribu, dan itu tidak mudah dan tidak mungkin membuat rakyat menjual lahan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah PATANI Sumsel Ir Hj Misliha R MM saat rapat bersama Stakeholder terkait di Sekretariat PATANI JL. Dr Wahidin Palembang, Kamis (12/1).

Baca juga :  Pemkot Palembang Target Penerimaan Pajak dari UKM

Dikatakan Misliha, Lapak Pataniku Online merupakan aplikasi yang dapat di akses oleh Investor untuk mencari lahan-lahan yang pemiliknya bisa diajak untuk kerjasama, seperti yang dilakukan PATANI Pusat dengan Investor yang akan bekerjasama membangun pabrik gula di Muratara, untuk mencari lahan puluhan ribu itu tidak mudah dan tidak mungkin membuat rakyat menjual lahan.

”PATANI memberikan ide bagaimana caranya lahan itu disewakan untuk kerjasama, jadi rakyat bisa mendapatkan manfaat karena lahannya disewakan dan mungkin nanti bisa bekerja juga,”kata Misliha.

Baca juga :  Peluncuran Hari Belanja Diskon di Palembang Bersamaan Asian Games, Digelar Meriah

Misliha juga menambahkan bahwa, untuk sosialisasi kepada masyarakat sudah dilakukan oleh PATANI dan masyarakatpun setuju, sekarang pengkolektingan lahan sudah mulai berjalan untuk itu namun belum seluruhnya,”karena kita masih di lingkungan yang memang jaraknya dekat dengan pabrik, seperti di Muba, muratara, Musirawas, Pali, Muara Enim dan juga Lahat,”tambahnya.
Dengan mengakses Lapak Pataniku para Investor dapat mengetahui lokasi-lokasi lahan yang bisa diajak untuk kerjasama di setiap Kabupaten yang ada di Sumatera Selatan, menurut pengamatannya banyak lahan-lahan yang masih belum jelas
kepemilikannya dan sekarang masih dalam proses pengkolektingan,”penawaran kepada Investor tersebut tidak hanya untuk Tebu saja, bisa pula untuk jagung, kelapa, padi dan lainya,”jelasnya.

Baca juga :  Gelar Bazar Murah, TP PKK Disambut Antusias Warga

Untuk jadwal launching Lapak Pataniku online ini Misliha mengatakan, belum dapat dipastikan tanggal berapa namun dalam waktu dekat ini launching tersebut akan dilakukan,”nanti akan dirapatkan dulu jadwalnya, rencananya di bulan Januari ini,”pungkasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita