oleh

Pospera Sumatera Utara Desak Segera Relokasi pengungsi Sinabung Tanah Karo

Kolom:Ekonomi, Nasional|48 kali dilihat

NuansaKita – Medan : DPD Pospera Sumatera Utara melakukan aksi di kantor DPRD Provinsi Sumatera Utara. Aksi ini dimulai dari Bundaran SIB. Pospera bertujuan untuk dilakukan percepatan relokasi terhadap pengungsi Sinabung. Dengan berjalan kaki menuju kantor DPRD Provinsi Sumatera Utara. Beberapa tulisan di spanduk dan poster tuntututan massa aksi. Selasa (04/10/2016)
Sesampai di kantor DPRD mereka di terima langsung di terima oleh wakil ketua DPRD Sumatera Utara Ruben Tarigan dan dampingi Ricad Sidabutar anggota DPRD komisi A. dan Ruben Tarigan akan mengagendakan RDP (Rapat Dengar Pendapat) tgl 11 Oktober 2016 dengan mengundang Pemerintah Kabupaten Karo beserta jajarannya.

Liston Hutajulu, ST mengatakan ,Pengungsi Sinabung sampai saat ini tak kunjung selesai akibat lambatnya pemerintah Karo dalam menangani persoalan pengungsi , Kita ketahui dampak dari gunung Sinabung sangat besar terhadap masyarakat yang tinggal di Zona gunung tersebut,sehingga mereka memaksa untuk mengungsi ke daerah yang lebih aman.

Baca juga :  Resmi Jabat Ketua BPD AKU, Lury Elza Alex Noerdin Fokus Dukung Asian Games 2018

Ketua DPD Pospera Sumatera Utara ini juga menjelaskan, pemerintah Karo hanya mampu menangani sebagian kecil saja dari persoalan pengungsi. Sementara ada beberapa kelurahan yang lain tidak dapat di atasi oleh Pemkab Karo, seperti lambatnya Relokasi terhadap para pengungsi. Pemkab Karo juga terkesan tidak punya perhitungan dalam membangun sekolah di Zona kuning yang artinya adalah zona bahanya dan sangat di sayangkan Pemkab Karo terkesan lambat dalam pengurusan pembebasan lahan untuk merelokasi masyarakat pengungsi,’Jelasnya

Ketua Dewan pembina Pospera Sumut Nichodemus Sitanggang berpendapat, persoalan pengungsi Sinabung harus ditangani pemerintah secepatnya, berhubung masyarakat sudah bosan di tempat pengungsian, ‘paparnya.

Ketua DPC Pospera Kabupaten karo Gelora Sembiring, dan dia sangat prihatin melihat kondisi pengungsi akibat dari dampak letusan gunung Sinabung mereka kehilangan tempat tinggal. Mata pencaharian serta anak anak tidak mampu melanjutkan sekolah akibat keterbatasan warga pengungsi.
Setelah mereka di terima oleh anggota DPRD dari Komisi A, Pospera Sumut melanjutkan aksi ke kantor Gubernur untuk menyuarakan nasib pengungsi Sinabung. Di kantor gubernur di terima Zukifli Taufik kasat polisi Pamong Praja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kemudian diterima Nouval niahyar staf ahli Hukum Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Adam B.Nasution Badan bencana Provinsi Sumatera Utara. Pihak pempro memberikan tanggapan bahwa mereka juga siap untuk RDP yang akan di tentukan Jadwal yang sudah di tentukan DPRD Sumut

Baca juga :  Demo Tolak Reklamasi Teluk Jakarta, BEM UI Unjuk Rasa

Liston Hutajulu, menilai Gubernur Sumatera Utara terkesan lambat dan tutup mata melihat kondisi pengungsi Sinabung , bukankah tanah Karo bagian dari Sumut . Jangan sampai kemarahan rakyat memuncak dan Krisis kepercayaan terhadap Gubernur .

Untuk DPRD Sumut, kami berharap dengan sangat agar membantu mencari solusi agar pengungsi Sinabung segera teratasi dalam waktu dekat ,karena sudah cukup lama warga tersebut mengungsi .
Dalam aksi Pospera Pospera Sumut dan DPC Pospera Tanah Karo serta perwakilan masyarakat menuntut dengan tegas :
1.percepatan relokasi tahap ke III dan pembebasan lahan produksi untuk relokasi
2.Menuntut kepastian penanganan pengungsi Relokasi tahap yang tidak masuk kuota sejumlah 163 kk
3.Stop Adanya pembangunan sekolah di Zona bahaya lingkar Sinabung .
4.Pemkab karo segera membuat laporan pertanggungjawaban dana siap pakai tahun 2015
5.Pemerintah segera membuat perhatian khusus terhadap pengungsi .
Pospera Sumut akan tetap konsisten memperjuangkan nasib pengungsi .

Baca juga :  Presiden Jokowi Rencananya Bakal Nonton Dayung di Jakabaring

Aksi pun berlangsung tertib dengan tuntutan dibacakan oleh Sadam H. Simatupang sebagai Kordinator Lapangan. (Was)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita