oleh

Sientje Nayoan Desak Investor Bangun Kantor Cabang di Kota Luwuk

Kolom:Ekonomi, Nasional|5 kali dilihat

NuansaKita – Luwuk :  Politisi Perempuan yang juga Ketua Fraksi Partai Nasdem, Sientje Nayoan, mendesak agar investor yang menanamkan modal di Kabupaten Banggai mendirikan kantor Cabang di Kota Luwuk. Hal itu disampaikan melalui siaran pers. (10/10/2016)

Menurut Sientje, sebagian besar investor yang ada di Kabupaten Banggai hanya membangun pos lapangan yang tidak memberikan nilai benefit yang signifikan terhadap perekonomian Kabupaten Banggai Propinsi Sulawesi Tengah.
“Banyak investor yang datang di Banggai, mulai dari skala lokal hingga internasional. Tetapi kemewahannya tidak nampak, dan mengubah image Kota Luwuk, sebagian besar hanya membangun pos lapangan,” ujarnya.

Baca juga :  PT Pelindo II Akan Kembangkan Pelabuhan di Tanjung Carat

Politisi perempuan Partai Nasdem ini menaruh perhatian yang besar sekali pada masalah ini. Dia mengatakan, kalau investor membangun kantor cabang di Kota Luwuk, akan memiliki efek domino, ada penyerapan tenaga kerja untuk jasa dan administrasi.

Selain itu kata dia, jika para investor mendirikan kantor, itu akan memudahkan Pemerintah dan stakeholder Kabupaten Banggai memantau pelayanan dan pengelolaan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.
Salah satu yang disorot Politisi perempuan ini adalah investasi Donggi Senoro LNG yang memusatkan seluruh manajemen perusahaan di Jakarta dan hanya membangun pos lapangan. Padahal kata dia, seluruh proses investasi, mulai dari lifting hulu hingga procesing hilir, adanya di Kabupaten Banggai. Sientje menyesalkan, karena hingga saat ini belum ada terobosan Pemda untuk memaksa investor membangun kantor cabang di Kota Luwuk.

Baca juga :  HUT PT. Semen Baturaja Ke 43

“Jumlah tenaga produktif di Kota Luwuk meningkat dari tahun ke tahun. Bagaimana putera puteri Banggai bisa diberdayakan, kalau tidak ada kawasan perkantoran investor,” jelasnya.
Pada sisi yang lain kata politisi perempuan ini, jika ada kawasan perkantoran cabang investasi, ekonomi Banggai akan tumbuh dan Pemda bisa mengambil lebih banyak inisiatif melalui skema peraturan daerah untuk meningkatkan pendapatan.
“Banggai memiliki potensi yang besar untuk jadi daerah maju, tetapi kita terlalu banyak membuang-buang waktu untuk program lips service, dan menyia-nyiakan banyak potensi yang lebih besar.(tsm)

Baca juga :  Permana : Inflasi Sumsel 0.75 Persen

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita