oleh

Sinergi BUMN, PT. Bukit Asam Melakukan Penandatangan

Kolom:Ekonomi|28 kali dilihat

NuansaKita – Jakarta :  PT Bukit Asam (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk pengangkutan 130,1 juta ton batu bara pada periode 2017-2021. Direktur Utama Arviyan Arifin PT. Bukit Asam, mengatakan kontrak ini merupakan turunan dari kontrak angkutan jangka panjang 2009-2029 kedua perusahaan. Demikian disampaikan kepada media.

Batubara yang diangkut berasal dari Tanjung Enim, Sumatera Setalatan menunuju Pelabuhan Tarahan, Bandar Lampung dan Dermaga Kertapati, Palembang. Kontrak yang ditandatangani pada Jumat (9/6) oleh Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin dan Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro di Jakarta itu merupakan bagian dari sinergi antar BUMN. Kontrak ini merupakan turunan dari kontrak angkutan jangka panjang 2009-2029 kedua perusahaan.

Baca juga :  Komis VI DPR RI Kunjungi Sumsel, Alex Noerdin Laporkan Perkembangan Pembangunan Infrastruktur

Edi Sukmoro mencontohkan, “Misal 1 gerbong KA. batu baranya diangkut truk, artinya akan ada 60 truk iring-iringan, macet. Apalagi, menurut Undang-Undang sudah tidak boleh ada lintasan sebidang lagi, harus dihilangkan, bisa dengan membangun underpass atau fly over,” jelasnya.

Secara prinsip pengiriman batu bara dengan KA ini juga menghindari kemacetan, dibanding bila pengangkutan batu bara dengan truk. Angkutan batu bara melalui KA tentu membuat efisiensi perusahaan.”Dalam kerja sama ini, kami fokus kepada demands (permintaan) yang nggak bisa ditunda. Bukan hanya nilai (kontrak) semata,” kata Edi Sukmoro.

Baca juga :  Exit Tol di OKI Dibangun di Wilayah Mataram Jaya

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita