oleh

Sumsel Bisa Surplus 2,3 Juta Ton Beras Karena Petani

Kolom:Ekonomi|1 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin mengungkapkan rasa syukurnya karena berkat para petani di 17 kabupaten dan kota, Sumsel kini menjadi daerah lumbung pangan.

“Berkat para petani, Sumsel meghasilkan surplus sebanyak 2,3 juta Ton per tahun, dan selama 3 tahun terakhir selalu meningkat,” ujar Alex di hadapan 1500 petani yang hadir pada acara mensosialisasikan perhelatan akbar Asian Games 2018 dengan Para Pelaku Pertanian (Para Penyuluh, Para Gapoktan) dan Gebrakan Anti Narkotika Nasional (GANN) di Griya Agung, Selasa (05/06).

Ia menjelaskan, produk pertanian Sumsel akan lebih dikenal lagi tidak hanya di kancah nasional, tapi juga mancanegara. Sebab, di ajang Asian Games yang bakal digelar 18 Agustus mendatang, pihaknya bakal melakukan rangkaian promosi terhadap produk-produk pangan hasil petani Sumsel.

Baca juga :  Direksi PT Semen Baturaja Kagum Kepada Gubernur Sumsel

“Tidak hanya akan menjadi ajang bertandingnya atlet se Asia. Tapi juga pengenalan produk kerajinan khas Sumsel. Termasuk produk pangan yang dihasilkan petani. Sehingga minat masyarakat luar negeri untuk membeli produk pangan petani kita meningkat,” kata dia.

Dijelaskannya lagi, Asian Games banyak memberikan berkah untuk seluruh masyarakat Provinsi Sumsel. Selain menciptakan lapangan pekerjaan, Asian Games juga mendulang pembangunan sejumlah infrastruktur yang sangat fenomenal seperti Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia yang akan segera diresmikan pada tanggal 15 Juli oleh Presiden Jokowi, Fly Over, Underpass, Jembatan Musi IV dan VI, Jalan Tol serta rumah sakit berstandar internasional.

Baca juga :  HUT PT. Semen Baturaja Ke 43

“Semua itu tidak akan bisa didapat Sumsel dalam waktu singkat jika Palembang tidak terpilih menjadi tuan rumah Asian Games. Bangga kita menjadi masyarakat Provinsi Sumsel,” ucap dia.

Untuk melihat langsung bagaimana kesiapan Palembang menjadi tuan rumah, Alex pun memutarkan video progres persiapan Asian Games. Mulai dari pembangunan sarana infrastruktur pendukung, seperi LRT, Jembatan Musi IV dan VI, ditayangkan pula pembangunan puluhan venue di kawasan Jakabaring Sport City yang semuanya sudah rampung dikerjakan.

Sementara itu, Ketua Gebrakan Anti Narkotika Nasional Sumsel, Dewi Gumay menuturkan perhelatan Asian Games mendatang diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan baik tanpa ada narkoba. Asian Games juga menjadi ajang yang baik untuk menerapkan pola hidup sehat dan tidak mengonsumsi narkoba.

Baca juga :  Permana : Inflasi Sumsel 0.75 Persen

“Olahraga jadi kegiatan positif yang bisa mengalihkan diri dari pengaruh narkoba. Sehingga, pelaksanaan Asian Games harus jadi ikon perlawanan terhadap narkoba,” terangnya.

Kemudian turut hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Erwin. Dia mengungkapkan dukungan dari petani bisa dilakukan dengan tidak membuka lahan secara dibakar.

“Pembakaran lahan dapat menimbulkan asap dan malah mengganggu perhelatan. Kami harap petani tidak melakukan pembakaran lahan selama Asian Games maupun setelahnya,” tukasnya. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita