oleh

Tanam Cabai Sendiri, Bantu Pemerintah Tekan Inflasi

Kolom:Ekonomi|0 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Komoditas cabai selalu menjadi perhatian pemerintah karena rutin menjadi penyumbang inflasi daerah.Bahkan sejak awal tahun terjadi lonjakan di hampir seluruh daerah karena pengaruh gagal panen.

Oleh karena itu, untuk menekan harga cabai,  Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan terus  melakukan berbagai upaya termasuk mengajak semua lapisan untuk bergerak menanam cabai baik diperkarangan rumah maupun kebun sendiri.

Diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumsel Hamid Ponco dalam sambutannya pada panen perdana 5600 batang pohon  cabai di Lapas Kelas 1 Pakjo Palembang, Jum’at(03/2), Sejak lama BI melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah menggalakkan keluarga untuk menanam cabai di pekarangan sendiri agar tidak mesti ke pasar.

Baca juga :  Modal Rp. 100 Ribu, Gadis Ini Jadi Jutawan

“Jika ini banyak diterapkan maka harga cabai bisa ditekan. BI berharap apa yang sudah dilakukan warga binaan ini dapat menginspirasi,” katanya.

Ia menuturkan melalui program ini, inflasi pada pangan dan tanaman holtikultura seperti cabai bisa ditekan.

“Banyak program yang terus kita dukung  seperti ini akan terus kita dukung. Penyediaan sarana-sarana produksi juga bisa kita siapkan,” katanya

Ponco menambahkan kerja sama dengan Kemenkumham ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan warga binaan.

“Produksi yang dihasilkan cukup banyak, yang dapat digunakan untuk kebutuhan Lapas sendiri atau jika berlebih bisa dijual ke pasar,” kata Ponco.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Gelontorkan Dana 1 Triliun Untuk Perawatan dan Perbaikan Jalan

Bukan hanya mendorong menanam cabai, BI juga memiliki program pembibitan bawang merah di Kabupaten Banyuasin yang dapat dijadikan proyek percontohan bagi kalangan pelaku usaha untuk merambah bisnis pertanian.

Program yang dikenal dengan sebutan “on farm” ini diharapkan menjadi program pengendalian inflasi untuk sejumlah komoditas bahan makanan, seperti bawang merah dan cabai.

“Kegiatannya dimulai dari pembibitan, jadi bagi pengusaha di Sumsel yang berminat dapat langsung datang ke Banyuasin untuk melihatnya,” kata dia.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita