oleh

Tedy Wirawan : Jika Ada Produk Obat Atau Makanan Tidak Layak Laporkan Ke BPOM

Kolom:Ekonomi, Pendidikan|16 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Jika masyarakat menemukan produk yang dianggap tidak layak edar atau tidak layak konsumsi sebaiknya masyarakat melaporkan kepada Badan POM.

Hal tersebut disampaikan Tedy Wirawan, M.Si, Apt selaku Kepala Bidang (Kabid) Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen (Serlik) Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang, ketika ditemui oleh nuansakita.com diruangannya, Senin (17/10).

Terkait dengan isu pesan berantai mengatasnamakan BPOM soal adanya 10 jenis obat yang tidak layak konsumsi, Tedy mengatakan bahwa BPOM tidak pernah mengeluarkan larangan atau adanya informasi tidak baik tentang adanya produk tadi (10 obat) dalam edaran trsebut.

Itu bukan dari Badan POM atau rumah sakit kalau mau di ikuti BPOM kop suratnya dari BPOM diluar itu sebaiknya dikomunikasikan.

Baca juga :  Dukung Produk UKM Sumsel Go Internasional, Garuda Indonesia Gelar Workshop Cargo dan Logistik

Sampai saat ini kita (BPOM) tidak pernah mengeluarkan peringatan semacam itu larangan mengenai beberapa produk obat seperti itu. Tegasnya

Mengenai banyak sekali isu beredar di medsos soal adanya produk yang dianggap berbahaya yang beredar dimasyarakat sebaiknya masyarakat mengkonfirmasi langsung ke kantor BPOM. Sarannya

Misalnya menemukan ada benda di suatu produk minuman atau makanan sebaiknya beritahukan langsung kepada kami biar nanti kami bisa menindak lanjutinya.

Karena kita kan belum tahu, belum melihat wujudnya seperti apa. Karena setiap produk obat, makanan sebelum diedarkan harus mendapatkan izin dahulu dari  BPOM. Lanjut Tedy

Baca juga :  Sekda Sumsel Segera Panggil Walikota Palembang Terkait HGB Pasar 16 Ilir

Kalau makanan ada MD untuk produk dalam negeri, kalau dia produk luar negeri atau impor ada ML artinya produk itu sudah di evaluasi dari sisi keamanan mutu dan manfaatnya. Jadi dinilai sudah aman untuk di edarkan tentu saja produk itu harus produk yang aman.

Kalau ternyata dilapangan masyarakat menemukan silahkan lapor ke kami bisa jadi memang ada produk tertentu yang tidak memenuhi persyaratan diedarkan.

Silahkan bisa datang ke kantor kami, BPOM Palembang di Jakabaring atau hubungi via telpon dulu 510042 & 510126 sampaikan dulu permasalahannya nanti kita tindak lanjuti sejauh mana bisa ditindak lanjuti pengaduan tersebut lebih bagus lagi kalau dengan membawa produk.

Baca juga :  Adian Napitupulu : Perizinan Tambang Tidak Seharusnya Bertele-tele

Kami juga ada website : www.pom.go.id silahkan diakses sebagai media informasi BPOM. Ujar Tedy

Kalau memang ada produknya bagusnya datang dengan membawa produknya. Jadi kami bisa melihat sejauh mana pengaduan dari permasalahan itu bisa kami tindak lanjuti. Jelasnya

Silakan kami menunggu karena itu merupakan bentuk partisipasi masyarakat bisa dibilang pengawasan dari masyarakat. Tegas Teddy

Namun apabila dia tidak punya produk dia dapat menyampaikan dimana alamatnya misalnya ditoko apa. Karena petugas kami terbatas jadi tidak bisa mendatangi seluruh toko dalam waktu bersamaan, sedangkan masyarakat selalu berinteraksi langsung dilapangan tutupnya (Sibawaihi).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita