oleh

Tingkatkan Produktivitas, Lahan Tidur dijadikan Sawah Secara Kontinue

Kolom:Ekonomi|12 kali dilihat

NuansaKita – Palembang :  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki lahan tidur yang berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi lahan pertanian. Hal ini diungkapkan  Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel, Erwin Noor Wibowo.

Erwin mengatakan, potensi lahan tidur di Sumsel sangat besar, ini bisa dimaksimalkan untuk penanaman padi. “Lahan pasang surut sebanyak 160 ribu hektar dan lahan lebah sebanyak 120 ribu hektar,” ucapnya saat diwawancarai di Griya Agung usai pertemuan dengan Badan Restorasi Gambut RI, Rabu (8/2).

Baca juga :  KUR bantu Kembangkan UMKM di Sumsel

Agar lahan tersebut bisa dimaksimalkan, menurutnya, jangan diberi kesempatan lahan tersebut menganggur. “Januari hingga februari lahan pasang surut lebih cepat panen, sehingga mei dan juni bisa panen kembali,” tuturnya.

Dijelaskan, potensi pada lahan tidur tersebut bisa dilakukan penanaman padi 2-3 kali pertahun. “Dibutuhkan perbaikan infrastruktur besar-besaran untuk mengoptimalkan lahan kosong tadi. Komoditi yang bisa diangkat seperti padi dan kedelai,” terangnya.

Lahan tidur yang tidak terbakar akan diolah, akan dilakukan invenstasi pupuk untuk penyemaian sehingga struktur tanah akan kembali menjadi bagus.

Baca juga :  Dubes AS Jajaki Kerjasama

“Lahan gambut Sumsel sangat cocok untuk dijadikan sawah,” tukasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita