oleh

Alex Noerdin Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla

Kolom:Gaya Hidup|2 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Persiapan provinsi Sumatera Selatan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 lebih matang bila dibandingkan ibu kota Jakarta. Hal ini terlihat dari pesatnya progress pembangunan infrastruktur penunjang.

Namun, ditegaskan Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin, persiapan tersebut akan sia-sia jika bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi lagi di Sumsel seperti pada tahun 2015 lalu. Oleh karena itu, Alex meminta kerjasama semua pihak untuk menjaga kondisi Sumsel.

“Semua akan menjadi sia sia, kalau salah satu kendala yang berat yakni kebakaran hutan di Sumsel terjadi lagi, seperti pada tahun 2015 lalu. Karena, 2017 ini akan terjadi kemarau lebih panjang dan kering,” ungkapnya, disela sambutan acara serah terima jabatan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumsel di Auditorium BPK Sumsel, Kamis (19/01).

Baca juga :  Lagi, Ribuan Jemaah di Sumsel Gelar Sholat Istisqo

Atas dasar tersebut, Alex menginstruksikan kepada para bupati yang sudah habis-habisan membantu pada tahun 2015 lalu, terutama Bupati OKI, Muba, Banyuasin dan Ogan Ilir, untuk kembali saling membantu. “Ini saya sampaikan untuk menjadi perhatian kita semua. Kepada bupati OKI, Muba, Banyuasin dan Ogan Ilir, mari kita bersiap-siap lagi untuk saling membantu mengatasi kebakaran hutan ini,” tegasnya.

Sementara, Bupati OKI Iskandar SE menuturkan, memang diperkirakan kemarau tahun 2017 ini akan masuk pada April nanti. “Kita melihat dari ramalan, ini akan menjadi kemarau yang panjang, kalau kita lihat pada 2016 lalu, memang termasuk kemarau basah yang tidak terlalu panas,” tuturnya.

Baca juga :  10 Program PKK hingga Bahaya Narkoba Gencar Disosialisasikan

Iskandar meneruskan, bahwa apa yang telah diimbau Gubernur Sumsel Alex Noerdin, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan TNI dan Polri, perusahaan, serta stakeholder. “Termasuk juga Masyarakat Peduli Api, Desa Tangkas, Masyarakat Tani Peduli Api, untuk mengkoordinasikan agar terus menjalin apa yang telah dipersiapkan, dan menjadi komitmen bersama pada 2015 dan 2016 kemarin, untuk mulai bersiaga melakukan patroli-patroli,” singkatnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita