oleh

Ada 6.837 Perusahaan Tercatat di Sumatera Selatan

Kolom:Headline|3 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Nasrun Umar mengatakan, ada sebanyak 6.837 perusahaan yang tercatat di Provinsi Sumsel dan jumlah serikat pekerja atau serikat buruh mencapai 997.

Menurutnya, Keberadaan Serikat Pekerja atau Serikat Buruh (SP/SB) telah diatur didalam UU Nomor 21 Tahun 2000 yang intinya setiap pekerja berhak membentuk dan menjadi anggota SP/SB dan dapat dibentuk sekurang-kurangnya 10 orang Pekerja/ Buruh.

Nasrun mengungkapkan, Serikat Pekerja atau Serikat Buruh adalah organisasi yang dibentuk dari pekerja, oleh pekerja dan untuk pekerja di perusahaan maupun di luar perusahaan yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.

Baca juga :  PGPI Apresiasi Program Infrastruktur Pemerintah

Lanjut dia, banyaknya SP/SB sekarang ini tidak menjadi kendala bahkan percepatan di dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis. Dikatakannya, Pekerja dan pengusaha merupakan mitra kerja bukan sebagai suatu kekuatan yang saling berhadap-hadapan untuk saling menjatuhkan tetapi sebaliknya.

“SP/SB yang banyak tersebut apabila dia mempunyai tujuan yang sama, untuk menampung aspirasi, memberikan perlindungan dan pembelaan serta memperjuangkan peningkatan kesejahteraan pekerja dan keluarganya maka SP/SB yang banyak tersebut akan lebih mempercepat peningkatan kesejahteraan pekerja dan keluarganya,” tuturnya. Rip

Baca juga :  Wujudkan Pemilukada Berintegritas, Gelar Pembekalan Bagi Paslon Kepala Daerah

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita