oleh

Benny Ramdhani : DPD RI Dorong Pemerintah Stimulasi Roh UU Desa

Kolom:Headline|4 kali dilihat

NuansaKita – palembang : Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menyelenggarakan seminar regional dengan tema ” Dinamika dan Problematika Tata Kelola Desa”, di Kantor DPD Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (3/10)

Seminar ini diadakan, agar ada pemahaman yang lebih luas mengenai Undang-Undang desa, tidak dimaknai hanya semata dana desa. Nasrun Umar Sekretaris Daerah Provinsi, mengatakan. mengenai desa tidak saja membahas dananya saja, melainkan meliputi penyelenggaraan pemerintahannya, sektor pembangunannya, dan sumber daya manusianya.

Pengelolaan dana desa diharapkan nantinya dapat bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat desa, pengelolaan dana desa secara akuntabel dan transparan merupakan hal yang sangat penting, tegasnya.

Baca juga :  Gubernur Alex Sosialisasi Asian Games Kepada Pujakesuma Sumsel

Sementara itu, pimpinan Komite I DPD RI Benny Ramdhani mengatakan DPD RI mendorong pemerintah menstimulasi roh UU desa yang mendudukkan desa dalam tempat yang mulia melalui azas rekognisi dan subsidiaritas.

Ia memandang perlu tolak ukur dalam hal pembinaaan dan pengawasan pelaksanaaan UU desa. Seperti penguatan fungsi pengawasan oleh Inspektorat Pusat dan daerah. Lanjutnya, ia juga berharap perlu dilakukannya reformulasi Dana Desa agar lebih sesuai dengan roh UU Desa. PP Nomor 60 tahun 2014 jo. PP Nomor 8 tahun 2016 tentang Dana Desa Yang bersumber dari APBN, khususnya terkait pengalokasian dana desa yang bersumber dari alokasi dasar dan alokasi formula.

Baca juga :  Jambore TP PKK se-Sumsel Berpusat di Jakabaring

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita