oleh

Jambore Nasional Mahasiswa, Tolak Politik SARA

Kolom:Headline|18 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sebanyak 3000 Mahasiswa dari 401 kampus di 21 provinsi mengadakan Jambore Mahasiswa Indonesia yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur sejak tanggal 4 hingga 6 Febuari 2017.

Mahasiswa sebagai generasi intelektual seharusnya saling bergotong-royong membangun persatuan dengan tidak membedakan antara asal usul, agama, maupun status.

Mahasiswa muda telah bersepakat untuk menolak menjadi pewaris yang mewarisi dendam dan kebencian dari ketamakan elit politik saat ini. Apalagi menaikkan isu Suku, Ras, dan Agama (SARA) yang dapat memecah belah persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga :  9.329 Luas Lahan Sumsel Yang Masuk TORA

Isu-isu SARA yang diangkat mudah sekali memprovokasi bagi orang-orang yang tidak berfikir secara logis untuk menyebarkan kebencian yang berakibat saling tidak peduli antara satu dengan yang lainnya,  ujar Joe salah satu perwakilan mahasiswa Universitas Tridinanti kepada wartawan NuansaKita, Senin (06/02).

Dalam acara Jambore nasional, mahasiswa mengecam seluruh pihak yang menggunakan isu SARA dengan merekayasa konflik SARA sebagai alat politik dari ambisi merebut kekuasaan.

Joe menambahkan, sebagai generasi penerus bangsa seharusnya sadar untuk menjaga kerukunan antar satu dengan yang lainnya, masalah yang harus dihadapi adalah adu domba yang terjadi diantara rakyat, menebar kebencian maupun  fitnah untuk merebut kekuasaan.

Baca juga :  BUMN sebagai motor pengerak Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

“Tugas mahasiswa sekarang adalah mari bersama-sama berfikir cerdas dan memberikan edukasi kepada rakyat untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu SARA yang dapat melunturkan nilai-nilai Pancasila dan NKRI,tegasnya.

Terkait hal itu maka kami seluruh peserta Jambore Dan Silaturahmi Mahasiswa Indonesia telah memutuskan secara bulat dan teguh :

1. Menolak dan lawan ISU SARA dan seluruh upaya adu domba rakyat.

2. Menanamkan nilai nilai Pancasila dalam kurikulum pendidikan

3. Tolak dan lawan organisasi radikal yang anti Pancasila

4. Usut tuntas semua kasus korupsi tanpa pandang bulu.

Baca juga :  Forum CSR Kesos Siapkan Relawan Untuk Sukseskan Setiap Kegiatan

Kesepakatan tersebut akan kami sampaikan terus menerus kepada seluruh rakyat baik di tingkat lokal maupun nasional melalui beragam bentuk aksi massa.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita