oleh

Komisi III DPRD Babel Belajar Kelola Bandara Ke Dishub Sumsel

Kolom:Headline|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Komisi III DPRD Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kunjungan ke Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, Jum’at (03/03). Kunjungan tersebut dalam rangka mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) mengenai Instrument Landing System (ILS).

Ketua Komisi III DPRD Bangka Belitung, Syamsul Hadi, ketika ditanya usai rapat mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Dinas Perhubungan Sumatera Selatan adalah untuk belajar mengenai sistem pengelolaan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

“Kedatangan kami kesini ingin belajar kepada Dishub Sumsel soal bagaimana mengelola Bandara. Kami dapat banyak pelajaran yang sangat berguna untuk menjadi bahan acuan kami dalam mengembangkan pembangunan Bandara yang ada di daerah kami. Tadi juga kami diberikan masukan-masukan dan dibekali juga dengan bahan materi bacaan,” ungkapnya.

Baca juga :  Adian Napitupulu : 2019 Saatnya Kaum Muda Memimpin

Syamsul juga mengucapkan terimakasih atas sambutan dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Provinsi Sumsel dalam hal ini Dinas Perhubungan yang telah memfasilitasi kunjungan mereka selama di Sumatera Selatan.

“Kami tidak menyangka bakal disambut dengan sangat baik oleh Pemprov Sumsel, sebetulnya kami ingin datang langsung ke pusat akan tetapi kami pikir cukup disini saja untuk itu kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Dinas Perhubungan Sumatera Selatan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar, dalam pemaparannya menjelaskan  bahwa dalam menghadapi Asian Games 2018 Pemerintah Sumatera Selatan telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat guna peningkatan sarana dan prasarana Bandar Udara SMB II baik prasarana sisi darat maupun sisi udara. Di sisi darat telah dibangun apron sedangkan di sisi darat sedang dibangun Sky Bridge yang menghubungkan gedung terminal dengan stasiun LRT. Selain itu ada penambahan 3 (tiga) Fixed Bridge dan Garbarata dari lima (5) menjadi delapan (8).

Baca juga :  Presiden Jokowi Pastikan Februari PKH Tahap I Cair di Seluruh Indonesia

Dalam pemaparan itu, Nasrun juga menjelaskan fungsi Instrument Landing System (ILS). Menurutnya ILS berfungsi sebagai alat bantu pendaratan instrumen (non visual) yang digunakan untuk membantu penerbang dalam melakukan prosedur pendekatan dan pendaratan di suatu bandar udara. Bagian-bagian dari Instrument Landing System terdiri dari: ILS Localizer, ILS Glide Path, ILS Inner Marker, ILS Middle Marker dan ILS Outer Marker.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita