oleh

Lelang Sekda Masih Digantung Pemerintah Pusat

Kolom:Headline|1 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Posisi strategis Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) hingga kini masih diduduki oleh Djoko Iman Sentosa sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Diungkapkan Joko, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai siapa sosok yang bakal mengemban amanah sebagai Sekda. Pasalnya, Panitia Pelaksana (Panpel) pemilihan pejabat eselon 1 tersebut belum dibentuk.

“Untuk Pansel sedang disiapkan permintaannya, karena pemilihan Sekda provinsi itu harus eksternal, dari Pihak luar. Artinya dari Kemendagri, KemenPAN maupun tokoh masyarakat independen,yang jelas pihak berkompeten. Itu sedang disiapkan, masih proses,” kata Joko kepada wartawan, Rabu (22/02).

Baca juga :  Alex Noerdin Ajak Pelajar se-Sumsel Gaungkan Asian Games

Dikatakannya, ketika Pansel sudah terbentuk, segera akan diumumkan sehingga proses seleksi hingga pemilihan Sekda baru bisa berjalan.

Untuk saat ini, Joko menegaskan, Pansel Sekda Sumsel masih diproses di pusat dan Pemprov Sumsel masih menunggu. Pun dengan anggaran pemilihan Sekda juga sedang disiapkan.

“Begitu Pansel terbentuk, dan nama-nama Sekda didaftarkan, langsung dilaksankan pemilihan. Masalahnya kita masih menunggu pusat. Proses pembentukan Pansel ini tidak bisa di ikuti detik perdetik. Begitu selesai, langsung pemilihan,” tegasnya.

Joko menjelaskan, setelah Pansel dibentuk, masih harus melalui beberapa proses dan tahapan.

Baca juga :  4 Komisaris BUMD Resmi Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumsel  

“Pemilihan Sekda itu ada beberapa tahapan, portofolionya bagiamana, bagaimana segala administrasinya itu. Sekda itu syaratnya harus lebih dulu menjabat eselon II (dua) sekurang-kurangnya dua kali. Pangkat standarnya IV (empat) E. Tapi itu nanti setelah Pansel dibentuk ,” jelas Joko sambil mengatakan, calon Sekda Sumsel juga bisa berasal dari kabupaten/kota atau provinsi lain.

Joko sendiri mengaku tidak maju dalam pemilihan Sekda karena tidak memenuhi syarat.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita