oleh

Menko Perekonomian Darmin Nasution Buka Rakernas PINBAS MUI di Palembang

Kolom:Headline|1 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Darmin Nasution bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Ketua Umum MUI pusat Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin resmi membuka rapat kerja nasional Pusat Inkubasi Bisnis Syari’ah (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Ultima Horison Palembang, Rabu (14/02).

Pada Rakemas PINBAS MUI ini merupakan langkah realisasi program redistribusi aset, kemitraan antara pengusaha kecil dan para konglomerat nasional, dengan difasilitasi oleh pemerintah dan MUI bertujuan membangun kemitraan melalui program kebangkitan ekonomi umat.

Ketua Umum MUI pusat Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin mengatakan, di bidang pemberdayaan ekonomi umat saat ini kenyataannya melemah karena pembangunan ekonomi nasional di masa lalu dilakukan dari atas melahirkan konglomerat menggunakan teori penerapan yang kurang tepat.

Baca juga :  Puan Maharani : Pentingnya Revolusi Mental Dalam Menghadapi MEA

Lanjut Ma’ruf Amin, MUI telah mengadakan kongres bersama untuk memberdayakan umat tujuannya bagaimana kita berada di arus baru ekonomi Indonesia.

“Ini merupakan upaya Majelis Ulama Indonesia untuk mendekatkan pihak Pemerintah serta para pengusaha besar, agar dapat bermitra dengan usaha mikro, kecil, dan menengah. Hal ini untuk mempercepat dan memperkuat peran UMKM dalam mengatasi problematika wirausaha UMKM. Melalui Rakernas ini, PINBAS MUI Pusat akan melantik berbagai cabang PINBAS MUI dari berbagai propinsi di seluruh Indonesia,” terangnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Perekonomian banyak mendukung suksesnya pembangunan Sumsel.

“Sayangnya bapak menteri hari ini tidak bisa lama di Palembang, kalau bisa lain kali bapak Menteri bisa menginap di Palembang dan melihat langsung kesiapan kita sebagai tuan rumah Asian Games,” ujar Alex.

Baca juga :  Waskita Janji Tiga Bulan Lagi Jalan Rusak Akibat Proyek LRT Bakal Mulus

Tempat sama, Direktur PINBAS MUI Azrul Tanjung mengatakan, Rakernas yang digelar merupakan suatu intermediasi yang melakukan proses inkubasi terhadap peserta inkubasi (tenant), yaitu usaha mikro kecil, menengah, koperasi, wirausahawan, serta calon wirausahawan yang menjalani proses inkubasi melalui pembinaan dan pengembangan yang diberikan oleh PINBAS MUI.

Menurutnya, rakernas menghadirkan nara sumber yang kompeten dalam redistribusi aset dan kemitraan dari pihak pemerintah yakni dari Kementerian Koperasi & UKM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PIP Kemenko Perekonomian.

Sedangkan narasumber dari perguruan tinggi Kampus IPB Bogor, UGM Yogyakarta danlainnya. Narasumber dari kalangan perbankan, antara lain menghadirkan BRI Syariah dan Bank Sumsel Babel. dari kalangan pengusaha, antara lain Garuda Food, PT. LEU Mart, dan Iainnya.

Baca juga :  Satu-satunya PLTS di Pulau Sumatera Segera Dimiliki Sumsel

“Rakernas diikuti oleh seluruh MUI se Indonesia, Ormas Islam pusat, kalangan kampus, pesantren dan Pemda se-Sumsel. Rakernas berlangsung 14-16 Februari 2018 dengan tema ” Mewujudkan Redistribusi Asset dan Kemitraan Menuju Kebangkitan Ekonomi Umat,” kata Azrul Tanjung. Rip

Menko Perekonomian RI, Darmin Nasution bersama Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Ketua Umum MUI Pusat Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin resmi membuka rapat kerja nasional Pusat Inkubasi Bisnis Syari’ah MUI, di Hotel Ultima Horison, Rabu (14/02).

 

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita