oleh

Nurmala : Anak Bawah Umur Tidak Harus di Hukum

Kolom:Headline|44 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Ketua Persatuan Advokat Indonesia (PERADI) Provinsi Sumatera Selatan Hj. Nurmala, SH., MH., sangat menyayangkan pelaku tindak kejahatan yang terjadi di Sumatera Selatan khususnya kota Palembang masih di bawah umur. Tindakan pelanggaran yang dilakukan karena adanya faktor rendahnya pengetahuan, maka harus ada pendidikan hukum.

Nurmala menjelaskan untuk penegakan hukum anak di bawah umur tidak harus dengan hukuman, yang lebih penting adalah melakukan tindakan preventiv.

“Dengan tindakan preventif dapat mencegah tindakan pelanggaran yang dilakukan seperti melakukan pencurian dengan kekerasan, penodongan, maupun tindakan penyalahgunaan narkoba yang sedang marak saat ini, melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah sebagai salah satu upaya penyuluhan hukum yang dapat dikembangkan. Hal ini efektif untuk mencegah tindak pidana yang akan dilakukan oleh anak dibawah umur,ujar Nurmala kepada wartawan Nuansakita.com, Rabu (08/02).

Baca juga :  Gubernur Sumsel Alihkan Anggaran Untuk Insentif Tenaga Kesehatan

Penyuluhan yang dilakukan di sekolah-sekolah bisa kerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari Polisi, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), maupun Badan Narkotika Nasional(BNN), maupun PERADI sebagai penegak hukum.

“PERADI sebagai penegak hukum siap untuk membangun generasi yang berkarakter dengan tidak melakukan tindak kejahatan yang dapat merugikan orang lain terutama untuk diri sendiri, karena dapat berdampak pada kehidupan sosial keluarga dan lingkungan yang kedepannya akan sulit untuk diterima, tegasnya.

Lanjut Nurmala, sejauh ini PERADI belum dilibatkan untuk hal penyuluhan hukum, harusnya kedepan pejabat punya konsep visi dan misi untuk kemajuan masyarakat, salah satunya dengan pemberantasan tindak kejahatan untuk membuat lingkungan yang aman dan sejahtera, dibutuhkan peran serta semua pihak mulai dari penegak hukum, Dinas Pendiidkan (Disdik), maupun tokoh agama harus ikut serta untuk menjaga keamanan,”tukasnya.

Baca juga :  Pemerintah Pusat Berikan Mobil Laboratorium Untuk Sumsel

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita