oleh

Presiden Jokowi Buka South Sumatera Millennial Road Safety Festival 2019

Kolom:Headline|12 kali dilihat
NunasaKita – Palembang : Usai senam bersama Srikandi Jokowi di Jakabaring Sport City (JSC), Gubernur Sumsel Herman Deru beserta Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia ikut mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta sejumlah Menteri Kabinet Kerja, membuka acara South Sumatera Millennial Road Safety Festival (MRSF) di Kawasan BKB, Sabtu (09/03).
Kegiatan bertema “Mewujudkan Millennial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang” ini membludak dipadati ratusan ribu massa. Tak hanya di pelataran BKB, kedatangan Presiden Jokowi ini juga menyedot perhatian warga hingga memenuhi badan jalan Jembatan Ampera.
Dalam sambutan di hadapan millennial Presiden Jokowi berpesan sejumlah hal salah satuga meminta para generasi bangsa ini berhati-hati saat berkendara. Mulai dari pengecekan kondisi kendaraan yang akan digunakan meliputi lampu, spion dan helm.
“Saya ingin titip gak banyak-banyak. Kalau mau berkendaraan tolong dicek betul. Pertama lampunya nyala gak. Spion harus komplit sebelum berkendaraan, helm harus siap dan dipakai. Dan kalau berkendaraan lebulih baik pakai sepatu untuk keselamatan,” himbaunya.
Selanjutnya Presiden Jokowi juga mengimbau agar pengendara muda ini memastikan kelengkapan surat menyurat sebelum bepergian  seperti STNK dan SIM agar aman saat di jalanan. Terpenting lagi kata dia adalah saat berkendara anak-anak muda ini disarankannya untuk tidak sambil telpon-telponan karena dapat membahayakan keselamatan jiwa.
“Yang naik mobil pun berbahaya kalau nyetir sambil main hanphone. Karena kita ini kalau  pergi itu ditunggu keluarga dan orang tua di rumah. Jadi sekali lagi saya minta hati-hati dalam berkendara siapkan cek semuanya kelaikan kendaraan,” tambahnya.
Menurut Jokowi himbauan ini sangat beralasan karena korban meninggal yang diakibatkan kecelakaan di Indonesia menempati urutan kelima. Sementara tertinggi disebabkan penyakit jantung, paru-paru diabetes dan lainnya.
“Makanya kalau naik kendaraan tidak usah ngebut-ngebut,” ujarnya.
Di sela memberikan sambutannya, presiden Jokowi sempat memberikan hadiah foto kepada dua peserta Millennial Road Safety. Hadiah tersebut menjadi istimewa karena dibuat khusus khas dari istana negara. Sebelumnya kedua peserta itu juga tak lupa diwanti-wantinya untuk selalu berkendara sesuai standar guna menekan angka kecelakaan di Indonesia.
Sesaat setelah memberikan sambutan, Presiden Jokowi, Menhub RI Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumsel Herman Deru didaulat membuka secara resmi South Sumatera Millennial Road Safety Festival  (MRSF)dengan menekan tombol sirine dari atas panggung utama.
Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Polda Sumsel tersebut. Karena dengan cara ini diharapkan efektif menekan angka kecelakaan di kalangan pelajar dan anak muda di Sumsel.
“Sosialisasi ini sangat tepat. Karena kita tahu sekarang ini sebagian pengguna jalan raya dan kendaraan ini adalah kalangan millennial. Pastinya  ini kita dukung karena manfaatnya banyak sekali,” tukas dia. Rip
Baca juga :  Pemprov Sumsel Minta Penanganan Dampak Lain Covid-19 Juga Dilakukan

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita