oleh

Program Jamsoskes Sumsel Semesta Berlaku Sampai Januari 2019

Kolom:Headline|112 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sebelum 1 Januari 2019 Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama-sama dengan pemerintah Kabupaten dan Kota masih melaksanakan program Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) Sumsel Semesta. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy.
“Pada tahun 2017 sampai 2018 Program Jamsoskes Sumsel Semesta masih berlaku sebagai pendamping program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hingga Kabupaten dan Kota terintegrasi 100% ke BPJS yang berlaku mulai 1 Januari 2019 mendatang,” ujar Lesty. jumat (3/2).

Lesty juga menjelaskan terkait dengan amanat Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 bahwa kita sudah terintegrasi seluruhnya ke JKN atau ke BPJS paling lambat Januari 2019. Oleh sebab itu ini sudah ada surat edaran gubernur.

Baca juga :  Raperda APBD Sumsel 2020 Disahkan, Ini Kata Gubernur Deru

Dalam surat edaran itu gubernur Sumatera Selatan meminta kepada seluruh kepala daerah se Sumsel agar segera melakukan sosialisasi mengenai pengintegrasian peserta JKN-KIS secarap bertahap.

“Selain itu gubernur juga meminta setiap daerah menyiapkan database masyarakat miskin yang belum memiliki jaminan kesehatan by name by address dan by NIK. Setiap kepala daerah harus segera melakukan verifikasi dan validasi secara berkala guna optimalisasi kepesertaan PBI APBN,” jelas Lesty.

Selanjutnya kata Lesty gubernur juga meminta agar masing-masing Kabupaten dan Kota mendaftarkan masyarakat miskin yang belum termasuk sebagai peserta PBI APBN, ke BPJS Kesehatan sesuai dengan kemampuan keuangan masing-masing Kabupaten/Kota.

Baca juga :  Jalan Rusak di Kabupaten OKU Kini Diperbaiki

Lesty juga menegaskan bahwa sekarang ini harus diperbaiki semua kepesertaan JKN-KIS supaya tidak terjadi duplikasi dengan penggunaan Jamsoskes. Kita ini tujuannya adalah Universal Health Coverage. “Mengenai siapa petugas yang akan melakukan pendataan itu akan dilakukan oleh Dinas Sosial yang ada di Kabupaten/Kota masing-masing,” jelasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita