oleh

Siti Zuhro : Lembaga Survei Harus Laporkan Sumber Dana

Kolom:Headline|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Peneliti Senior LIPI, Prof. DR. R. Siti Zuhro MA menyoroti lembag survei agar jangan hanya berlindung di payung asosiasi, tetapi harus melaporkan kepada KPU terhadap survey yang di publish kepada masyarakat. Senin (23/10).

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat berhak tahu hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei, tentunya itu merupakan dari bentuk tanggung jawab dari lembaga survei.

Selain itu, masyarakat juga berhak tahu sumber dana di dapat dari mana, agar penilaian masyarakat dapat menjadi objektif, jelasnya.

Baca juga :  Mulai Hari Ini, Tiket Kereta Api Lebaran Sudah Bisa Dipesan

Sementara itu pengamat politik yang juga rektor Taman Siswa Drs Joko Siswanto M.Si mengatakan, Partai politik merupakan aktor utama dalam proses terciptanya Demokrasi. Di Sumatera Selatan ada tiga lapis Partai, Partai Besar, Menengah dan Kecil. Demokrat, PDIP, Golkar dan Gerindra. Dan perannya sangat berpengaruh dalam pilkada.

Dari sisi inisiatif partai besar harusnya mencari dukungan, terutana kepada partai tengah dan bawah. “Sekarang tergantung, adakah sosok pada partai besar ada sosok yang mau di calonkan, bila tidak partai besar dan penguasa bisa mencalonkan nomor dua. Dan juga tidak menutup kemungkinan ada calon yang berasal dari masyarakat,” jelasnya.

Baca juga :  Presiden Jokowi Pastikan Februari PKH Tahap I Cair di Seluruh Indonesia

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita