oleh

Syarial Oesman Dapat Gelar Raja Pargomgom

Kolom:Headline|65 kali dilihat

NuansaKita – Sumut : Syarial Oesman dapatkan gelar raja Pargomgom dari Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing, pemberian gelar raja ini diberikan atas dedikasinya sebagai pelindung dan penasehat orang Batak rantau yang ada di Sumsel,Sabtu (9/9)

“Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing. Meminta gubernur senantiasa peduli dan melindungi orang Batak yang ada di Sumsel”.

Sementara itu Syarial Oesman mengaku sangat senang dengan gelar tersebut, ia berjanji akan selalu melindungi dan menghormati pemeluk agama lain atau suku lain di daerahnya.

Baca juga :  Anggaran Kemenhub Dipangkas, Dana Pembangunan LRT Masih Mencari Pinjaman

“Di Palembang sendiri menurut Syahrial sering diadakan pagelaran budaya Batak dan mendapat respon positif dari warga di sana. Bahkan mereka mendirikan perkumpulan dan arisan marga per marga untuk menjalin rasa persaudaraan bagi sesama”.

Pemberian gelar raja Pargomgom ini sewaktu Syarial Oesman kunjungan ke Tapanuli Utara bersama istrinya Maphilinda. Dalam kesempatan tersebut Syarial dan istri menyempatkan diri berkeliling ke Tarutung, Tapanuli Utara dengan mengendarai sepeda motor. Tak ada sedikitpun sikap gengsi atau malu, kendati dia adalah orang nomor satu di Palembang. Kemudian Syahrial menyempatkan diri singgah di kantor pusat HKBP di Pearaja, Tarutung.

Baca juga :  Terkiat Jamaah Umroh Tertunda, Kemenag Panggil Abu Tour

Walau dia beragama Islam, rasa toleransinya begitu tinggi. Diapun merasa kagum melihat kebesaran gereja HKBP. Para jemaat gereja tersebut menyebar sampai kepelosok negeri dan bahkan luar negeri. Gereja HKBP di Tapanuli tersebut hampir sama dengan HKBP yang ada di Palembang. Hanya di Tapanuli gerejanya lebih besar.

Selama berada di Tarutung Syahrial pun melihat langsung objek wisata Salib Kasih. Dan diapun menyempatkan diri bertemu dengan warga Tarutung secara langsung di gedung Sopo Partungkoan.

Bahkan pada kesempatan tersebut Syahrial mendapatkan pakaian adat Batak Toba “sape-sape dan piso halasan” . Tak ketinggalan Nyonya Maphilinda pun merasa bangga menerima sarung hajut dan sirtoli.

Baca juga :  Alex Noerdin Beri Sinyal Positif Dodi Maju Pilgub 2018

 


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita