oleh

Aplikasi E Kekerasan Permudah Pelaporan KDRT

Kolom:Hukum|51 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Sosialisasi sistem aplikasi E-Kekerasan memudahkan pelaporan KDRT yang dilakukan dalam suatu keluarga, pencatatan dan pelaporan kekerasan dalam rumah tangga diharap dapat terdata dengan baik, untuk itu perlu peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pelayanan dan pendampingan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Rina Antasari selaku pemerhati perempuan dan anak kota Palembang mengungkapkan bahwasanya kasus perempuan dan anak setiap tahunnya mengalami peningkatan.

“Kasus kekerasan perempuan dan anak ini seperti gunung es, yang melaporkan kasus hanya yang diatas saja tetapi yang dibawahnya belum terakomodir dengan baik, jadi data yang masuk kurang karena masyarakat sedikit yang melapor secara langsung,” ungkapnya kepada awak media, Selasa (14/03) saat sosialisasi di Grand Atiyasa.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Lakukan Sweeping Agen Travel Umroh dan Haji Ilegal

Kegiatan sosialisasi untuk melakukan edukasi terhadap perempuan dan anak harus selalu dilakukan secara rutin karena mengingat tugas pemerhati perempuan dan anak untuk turut serta merealisasikan kebijakan pemerintah.

KDRT yang biasa terjadi didalam rumah tangga seharusnya bukan menjadi masalah privat lagi apalagi sudah termasuk ke ranah publik, karena kekerasan antara suami istri sudah termasuk kejahatan yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

“Apabila sudah melanggar HAM maka hal tersebut termasuk kejahatan, dan yang berhak melindungi HAM adalah negara. Maka dari itu kasus kekerasan ini termasuk dalam ranah publik,” tegasnya.

Baca juga :  Bupati dan DPRD Muaraenim Dukung Larangan Angkutan Batubara di Jalan Umum

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita