oleh

DPRD Sumsel Segera Ajukan Perda Inisiatif Pengelolaan Gambut

Kolom:Hukum|3 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : DPRD Provinsi Sumatera Selatan akan mengajukan Peraturan Daerah (Perda) inisiatif tentang pengelolaan gambut yang ada di Sumatera Selatan.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Sumsel Nopran Marjani usai menghadiri pembukaan acara Training Of Trainer Pemantauan Tata Air Gambut, Kamis (09/02) di Hotel 1O1 Palembang Rajawali.

Nopran mengatakan bahwa untuk masalah gambut ini DPRD Provinsi Sumatera Selatan akan mengajukan Raperda inisiatif DPRD tentang gambut yang ada di Sumsel.

Menurutnya pengelolaan gambut ini perlu diatur dengan Perda yang ada yaitu mengenai bagaimana mekanisme untuk penggunaan dan pengelolaan gambut terhadap kebakaran hutan.

Baca juga :  Sekjen PBNU: Muliakan Kalimat Tauhid dengan dzikrullah, bukan dengan bendera

“Oleh karena itu kami sudah menyiapkan materi itu kami sudah berkunjung kepada Badan Restorasi Gambut (BRG) pusat dan ke Badan Lingkungan Hidup bagaimana untuk mempersiapkan Raperda tentang gambut ini,” ungkapnya.

Karena lanjutnya apabila tidak dibuat Raperda tentang gambut dikhawatirkan akan mengakibatkan gambut kita di Sumsel ini akan menjadi ancaman bagi masyarakat.

“Ancaman itu akan mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan terus menerus kalau tidak kita atur sebagaimana mestinya,” tambah Nopran.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Perubahan Iklim Provinsi Sumatera Selatan, Najib Asmani mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan antara tahun 2015 dan 2016 memperoleh prestasi berbeda.

Baca juga :  Pemprov Sumsel Klaim Sudah Tindaklanjuti 80 Persen Temuan BPK Tahun 2018

“Pada 2015 lalu Sumsel juara Karhutla dan kabut asapnya, namun pada tahun 2016 Sumsel kembali menyabet juara yang berbeda yakni menurunkan persentase Karhutla menjadi 99,87 persen dari tahun sebelumnya,” ujarnya dengan nada bercanda.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita