oleh

FKPT Gelar Diseminasi Pedoman Peliputan Terorisme

Kolom:Headline, Hukum|5 kali dilihat

NuansaKita – Palembang :  Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menggelar Diseminasi Pedoman Peliputan Terorisme dan Peningkatan Profesionalisme Media Massa dalam meliput isu-isu terorisme di hotel Grand Duta Syariah, Kamis (27/10).

Ketua FKPT, Uzirman Irawandi mengatakan meskipun Sumatera Selatan merupakan provinsi yang zero konflik apalagi tengah sibuk menyambut Asian Games 2018.

“Akan tetapi, tetap perlu dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan tentu saja yang paling mudah didengar yaitu media masa, baik elektronik, online dan cetak,” jelasnya.

Oleh karena itu, bagi wartawan jangan sampai ada yang terbalik dalam membuat berita. Harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu baru disiarkan, bukan disiarkan dulu baru dikonfirmasi.

Baca juga :  Walikota-Bupati Diminta Paham Soal Regulasi Pengelolaan Keuangan Daerah

Sementara, wakil Gubernur Sumsel Ishak mekki mengatakan kegiatan ini sangat penting karena masalah teroris sudah banyak terjadi dimana mana. Baik secara nasional maupun internasional.

“Semua orang tau masalah terorisme, makanya perlu kita samakan informasi yang bertanggung jawab sesuai kode etik dewan pers,” katanya.

Dikatakan Ishak Mekki, di Sumatera pada 2007/ 2008 lalu pernah ada teroris, paham radikal, yang ingin melakukan ledakan di Bukit Tinggi Padang. “Pada saat dilacak memang ada. Jadi perlu diwaspadai, walapun Sumsel memang aman dan kondusif tapi tetap ada jaringan radikal teroris,” katanya.

Baca juga :  Palembang Akan Mekarkan Dua Kecamatan

Untuk itu, Ia berharap kegiatan ini, dapat menjadi pedoman bagi peserta yang didominasi oleh para jurnalis ini agar mampu menghasilkan pemahaman yang benar dalam kegiatan pemberitaan. (juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita