oleh

Kemenag Sumsel Harus Tanggap Bila Ada Potensi Konflik Umat Beragama

Kolom:Budaya, Hukum|0 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Rangkul semua tokoh agama dan tokoh masyarakat agar menciptakan suasana damai dan sejuk di lingkungan masyarakat kita. Kakanwil Kemenag Sumsel harus cepat tanggap dan cepat bertindak bila ada potensi-potensi konflik yang bisa mengganggu kerukunan umat beragama.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin dalam sambutannya pada acara Pisah Sambut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) provinsi Sumatera Selatan di aula MAN 3 Palembang, kamis (03/11).

Alex Noerdin dalam kata sambutannya memberikan ucapan selamat kepada H. M. Alfajri Zabidi, MM, MPd.I yang telah dilantik oleh menteri agama RI sebagai Kakanwil Kemenag Sumsel yang baru pada tanggal 10 Oktober 2016 yang lalu.

Baca juga :  101 Advokat PERADI di Ambil Sumpah

“Semoga dapat mengemban amanah dengan baik serta dapat bersinergi dengan pemerintah provinsi Sumatera Selatan dalam membangun bumi Sriwijaya ini menjadi provinsi yang terdepan dan gemilang.” Harap Alex

Alex melanjutkan, sebagaimana yang kita ketahui bersama saat ini pembangunan di provinsi kita yang tercinta ini terus menggeliat, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga pembangunan kehidupan umat beragama.

Dalam acara yang juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kapolda, Pangdam II Sriwijaya dan Walikota Palembang itu, Gubernur berpesan kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel yang baru agar dapat menjaga kerukunan antar dan intern umat beragama.

Baca juga :  Anggota Komisi III Mengajak Aparatur Negara Untuk Reformasi Hukum

“Alhamdulillah di Sumatera Selatan selama ini belum terjadi dan Insya Allah tidak akan terjadi kerusuhan antar umat beragama maupun kerusuhan antar etnis. Ini merupakan tugas kita bersama untuk menjaga agar kondisi yang kondusif tersebut dapat di pertahankan.” Seru Alex Noerdin

Selain itu dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel juga menjelaskan bahwa dalam waktu dekat Provinsi Sumatera Selatan akan memberangkatkan jamaah umroh langsung dari Palembang ke Arab Saudi.

Menurut Alex, banyak keuntungan yang didapat dari umroh langsung ini, antara lain memperpendek jarak dan waktu terbang, memberikan jaminan keamanan terhadap masyarakat Sumsel yang akan umroh, menghemat biaya. Karena penerbangan langsung, tanpa transit melalui Jakarta, Medan dan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura serta dapat dilakukan perawatan secara langsung terhadap penyelenggaran umroh tersebut. Tambahnya

Baca juga :  Warga Kemuning Minta Tambah Lampu Jalan

Saya minta kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan mendukung program ini. Tugas Kakanwil adalah mendata dan mengawasi biro perjalanan yang akan melaksanakan umroh langsung ini. Pungkasnya, (sibawaihi).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita