oleh

Mencoba Curi Helm, Masuk Sel Tahanan

Kolom:Hukum|5 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : AS (20) kini harus merasakan dinginnya lantai sel tahanan Kapolsek Kemuning usai dirinya terbukti melakukan percobaan pencurian sebuah helm di Jalan Torpedo, Kelurahan 20 Ilir D2, Kecamatan Kemuning, tepatnya di depan Kafe Sinau Kopi, Kamis (19/01) sekitar pukul 21.30 WIB.

Tak hanya itu, motor tersangka yang saat itu digunakan untuk mencuri helm juga dibakar massa lantaran kesal dengan ulah tersangka. Bahkan dirinya harus mengalami babak belur usai merasakan bogem mentah dari massa yang marah.

Tersangka yang tercatat sebagai warga Jalan Ki Merogan, Lorong Ki Banten, RT 26/ RW 5, Kelurahan Kertapati, Kecamatan Kertapati ini, mengaku dirinya pun pasrah saat massa yang geram, membakar sepeda motor Honda Beat warna merah BG 2425 AAM milik tersangka hingga hangus menyisakan kerangkanya saja.

Baca juga :  Gubernur Sumsel Mengajak Lapisan TNI/Polri Menjaga Keamanan Provinsi Sumsel

Berdasarkan penuturan tersangka, saat itu dirinya baru saja pulang dari rumah sanak saudaranya di kawasan Sukabangun. Tersangka mengaku awalnya mencuri setelah dipintai tolong oleh kawan kakaknya untuk dicarikan helm. Namun, karena tersangka tak mau rugi dan berniat untuk mendapatkan untung besar dari uang yang dititipkan kakaknya, dirinya pun memutuskan untuk mencuri helm.

“Waktu itu, memang saya sudah niat mencuri supaya lebih banyak dapat untungnya daripada beli helm. Saya cari, akhirnya ketemu di depan kafe itu,” ujarnya saat gelar perkara, Jumat (20/1).

Baca juga :  Bupati dan DPRD Muaraenim Dukung Larangan Angkutan Batubara di Jalan Umum

Saat tiba di lokasi kejadian, dirinya berhenti dan memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan. Tersangka pun mengambil helm merk NHK warna putih di spion motor milik korban Farhan (17), yang tengah nongkrong di kafe tersebut.

Namun aksi tersebut dipergoki oleh kawan korban, Wibowo (17), dan langsung meneriaki maling. Mendengar teriakan maling, warga langsung mengepung dan menghakimi tersangka hingga babak belur. Tak ayal motor tersangka pun dibakar warga yang geram atas aksi tersangka, karena disinyalir sering terjadi kehilangan di kawasan tersebut.

Baca juga :  Gubernur Sumsel Janji Selesaikan Masalah Rakyat Dengan Terhormat

“Baru sekali inilah mencuri, rencananya uangnya buat jajan saja,” ujar pria yang berprofesi sebagai penjahit ini.

Sementara itu, Kapolsek Kemuning AKP Hikmat Solihin melalui Kanit Reskrim Ipda Heryanto mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga atas peristiwa tersebut. Polisi pun segera menangkap tersangka dan dibawa ke Mapolsek Kemuning.

“Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dan terancam lima tahun kurungan penjara,” tegasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita