oleh

Pemkot Bentuk Satgas Saber Pungli

Kolom:Hukum|7 kali dilihat

Nuansakita – Palembang : Untuk menjamin pelayanan publik yang bersih , maka Pemerintah  Kota Palembang membentuk Satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Saber pungli) sesuai dengan Keppres nomor 86 tahun 2016.

Hal ini dilakukan untuk menunjang kualitas pelayanan publik yang terdapat dalam pelayanan Provinsi, kota, desa, maupun aparatur negara harus bersih.

Kota Palembang sangat serius memberantas pungutan liar, maka dibentuklah saber pungli sesuai dengan keputusan walikota nomor 497/KPTS/ITKO/2016. Hal ini diungkapkan oleh walikota Palembang dalam sambutannya saat pelantikan satgas saber pungli di ruang Parameswara,  (12/1).

Baca juga :  Irjen. Pol. Djoko Prasotowo : Polairud Kekurangan Peralatan Bukan Alasan

Harnojoyo mengungkapkan Satgas Saber pungli dibuat untuk memulihkan kepercayaan publik secara profesional dan resolusi untuk mendidik masyarakat dengan langkah kongkrit.

“Langkah yang dilakukan yakni melakukan konsolidasi, koordinasi tanpa pandang bulu dalam memberantas pungutan liar pada aparatur negara agar bersih,”.

Harnojoyo menambahkan, semoga satgas saber pungli dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diinginkan secara bersama-sama. Maka dari itu dibentuk Kelompok kerja (Pokja).

“Dengan kelompok kerja (Pokja) dari unit intelijen, unit pencegahan, penindakan, dan yustisi pungutan liar dapat di tindak. “Untuk tahap awal di berlakukan di institusi pemerintah, ketika menangani masalah tidak akan pandang bulu,”.

Baca juga :  Polda Sumsel Apel Siaga Unjuk Rasa 2 Desember

Dalam pembentukan satgas, pemerintah kota Palembang telah mendapatkan kerjasama dari Kapolresta Palembang, Komandan Kodim 0418 Palembang, Kepala Kejari Palembang, ketua Pengadilan Negeri Palembang, dan ketua DPRD kota Palembang yang siap melakukan pengawasan dan tindakan terhadap pungutan liar yang ada.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita