oleh

Tanpa IMB, Developer Tetap Bangun Perumahan

Kolom:Hukum|699 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Pengembang perumahan (developer) nakal mempunyai berbagai cara dan alat untuk memuluskan bisnisnya yang beromzet miliaran. Akan tetapi, banyak peraturan dan perundangan yang dilanggar. Meskipun telah diberlakukannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, masih banyak “permainan bawah meja” yang diduga dilakukan oknum developer. Akibatnya, oknum pemerintah dari tingkat kelurahan banyak yang terjebak dalam kasus sindikasi developer nakal.

Salah satu peraturan daerah (perda) yang dilanggar developer nakal yakni membangun perumahan tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Kasus developer nakal yang membangun perumahan Gapura Residence di RT 12 RW 03 Kelurahan Talang Jambe pun tak luput dari dugaan maraknya pungutan liar, mulai dari pencaplokan surat tanah hingga pengurusan IMB. Hal itu diketahui dari berkas pengajuan IMB yang tertahan di Kantor Kelurahan Talang Jambe.

Baca juga :  Antasari Azhar : Saya Tidak Seperti Yang Didakwakan

Berkas pengurusan IMB dimaksud diketahui milik IS. Setelah pihak kelurahan mengetahui bahwa pengembang perumahan tersebut bermasalah, maka berkas pengajuan pun ditolak dan dikembalikan. Terdengar kabar dari sumber terpercaya di lingkungan Pemerintah Kelurahan Talang Jambe, pihak (orang-orang suruhan) developer nakal diduga memberikan sejumlah uang dengan kisaran Rp500 ribu di tataran rukun tetangga dan Rp3,5 juta di tingkat kelurahan.

Ketua RT 12 RW 03 Kelurahan Talang Jambe, Ari Pramono mengatakan, dirinya memang telah menyelesaikan pengajuan IMB oleh developer melalui Haris Sastra SH, kuasa hukum yang mengurusi perizinan perumahan Gapura Residence milik IS. “Kalau (IMB) tertahan di kelurahan saya tidak tahu. Kalau urusan sudah saya selesaikan (menandatangani IMB). Karena berkasnya sudah lengkap, ada tanda tangan direktur IS. Saya belum ada pengalaman, mungkin saya kecolongan,” ungkap Ari, ketika dikonfirmasi, Selasa (14/03).

Ditanya dugaan pungli dalam pengurusan IMB perumahan Gapura Residence, Ari yang belum setahun menjabat ketua RT pun enggan berkomentar. “Itu urusan pribadi saya. Saya tidak mau blowup soal itu. Sekarang ada sepuluh lagi (rumah) belum selesai, masih dalam pengembangan,” akunya.

Baca juga :  Kepolisian Daerah Sumsel Dukung Amnesti Pajak

Staf kelurahan yang meminta namanya tidak dilibatkan enggan memberikan keterangan terkait dugaan pungli pengurusan IMB. “Ya. Memang ada IMB bermasalah. Kalau soal terima uang, dak tau aku dak pacak ngomongnyo. Gek tanyo samo lurah, bukan kapasitas aku. Soalnyo aku nak ngeluarke statement dak boleh . Kapasitas lurah untuk jawab itu,” ungkap sumber tersebut.

Dikonfirmasi, Lurah Talang Jambe, Zulkarnain BA pun membantah dugaan pungli pengurusan IMB di tingkat kelurahan. “Berkas IMB belum ditindaklanjuti karena masih ada masalah. Masalahnya sedang ditangani pihak kecamatan. Belum kami layani, 45 berkas sudah kami kembalikan (ke developer). Kalau belum melayani, bagaimana mau terima uang,” ungkap Lurah.

Baca juga :  Kakak Tito Karnavian Ikut Tax Amnesty

Wali Kota Palembang, Harnojoyo dengan tegas mengatakan, jika aturan terkait adanya oknum-oknum nakal yang melakukan praktik pungli sudah sangat jelas aturannya. “Kami akan menindak tegas jika ada oknum yang bermain dalam pengurusan IMB sesuai dengan aturan yang berlaku. Tim Saber Pungli Kota Palembang tetap berjalan untuk mengawasi dan menindak tegas jika ada praktik pungli yang terjadi,” tegasnya saat dikonfirmasi di Aula Parameswara Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Selasa (14/03).

Harnojoyo menambahkan, pihaknya akan membenahi dan mengawasi seluruh bangunan yang ada agar tidak menyalahi aturan atau perda yang berlaku. “Bila perlu nanti kami akan membuat badan pengawas pembangunan karena seluruh bangunan yang ada harus terus diawasi, termasuk aspek IMB. Tujuannya agar nanti tidak menyebabkan Kota Palembang semakin semrawut. Semuanya harus kita tata sebaik mungkin,” tutupnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita