oleh

Ribuan Kepala Teknik Tambang dan Inspektur Tambang Diajak Sukseskan Asian Games

Kolom:Olahraga|2 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Gelaran Asian Games yang tinggal beberapa bulan lagi, membuat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin makin gencar melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan pesta olahraga terakbar se Asia tersebut ke berbagai kalangan.

Jum’at Malam (20/04) misalnya, Alex kembali mensosialisasikan berbagai manfaat Asian Games ke kalangan Kepala Teknik Tambang dan Inspektur Tambang dari pemegang IUP Mineral dan Batubara, Batuan dan Logam serta perusahaan jasa pertambangan di Provinsi Sumsel.

Dikatakan Alex, Sumsel ini memiliki kekayaan SDA yang luar biasa, dimana 45,45 persen batubara di Indonesia ada di Sumsel. Bukan hanya batubara, Sumsel diakuinya memiliki gas serta minyak bumi yang melimpah bahkan bisa sampai menerangi negara tetangga Singapura.

“Contohnya minyak bumi, Sumsel ini sudah ada sejak zaman Belanda. Kita punya CBM dan lain sebagainya ini luar biasa, tapi itu saja belum cukup untuk menjadi daerah yang utama,” jelasnya.

Baca juga :  12 Provinsi Ikuti Kejuaraan Nasional Bowling di Jakabaring

Diakui Alex, dibandingkan daerah lainnya Sumsel masih memiliki keterbatasan akses tidak seperti Kalimantan dan beberapa daerah lainnya yang mudah menyalurkan hasil kekayaan mereka. Hal inilah yang mendesak Sumsel untuk giat mempromosikan diri agar infrastruktur penunjang bisa cepat diwujudkan.

“Asal tahu saja, untuk memangun daerah perlu dana besar. Tidak mungkin membangun hanya dengan mengandalkan dana APBD, harus ada fresh money dari luar,” jelasnya.

Untuk itulah sejak kepemimpinannya, Alex bertekad terus mempromosikan Sumsel dan memilih bidang olahraga sebagai alat. Tak sia-sia berkat keteguhan dan komitmen yang kuat, Sumsel kini makin dipercaya menjadi penyelenggara berbagai event olahraga baik nasional maupun internasional.

Lebih jauh dikatakan Alex, sejak 2011 hingga tahun 2017 tak kurang sudah ada 42 event kelas Asia bahkan Asia Pasifik dan dunia diselenggarakan di Jakabaring Sport City (JSC).

Baca juga :  Peringati Haornas XXXV, Pemprov Apresiasi Insan Olahraga yang Berdedikasi dan Berprestasi

“Semua masih terawat di Jakabring Sport City. Bahkan setelah Sea Games jumlah venue yang ada makin lengkap sekarang. Ini boleh dibandingkan dengan provinsi lain yang sudah menggelar PON,” tambahnya.

Demikian halnya soal Asian Games, dikatakan Alex bukanlah satu-satunya tujuan Sumsel melainkan hanya alat untuk memancing berbagai pembangunan infrastruktur. Tanpa merebut posisi sebagai tuan rumah Asian Games, Sumsel diakuinya tak akan berkembang pesat seperti sekarang.

“Karena terpilih jadi tuan rumah Asian Games, banyak pula infrastruktur penunjang yang dibangun pemerintah misalnya 4 Jembatan, fly over, underpass bahkan yang paling fenomenal adalah LRT,” ujarnya.

Hal itu bukanlah pekerjaan yang mudah tapi membutuhkan perjuangan extra. setidaknya ada tiga syarat utama yang harus dipenuhi agar daerah bisa berkembang dan makin dikenal seperti Sumsel. Pertama yakni kondusifitas Sumsel yang zero konflik, pengalaman menyelenggarana event olahraga internasional dan serta memiliki fasilitas yang lengkap.

Baca juga :  Syapran Suprano : Atlet Wushu Muratara Kejar Target Sea Games

“Disini tidak ada demo anarkis, jadi investor mau kesini. Lagipula fasilitas olahraga kita lengkap bersta dar internasional sehingga wajar kalau Sumsel jadi tuan rumah Asian Games,” ungkapnya.

Kata Alex pun mengapresiasi ribuan pekerja tambang yang hadir tadi malam. Karena menurutnya merekalah pahlawan dalam membangun Sumsel. Tanpa mereka mustahil pendapatan daerah Sumsel bisa meningkat.

Di tempat yang sama, Kepala ESDM dan Pertambangan Sumsel Robert Herry mengatakan bahwa ribuan tamu yang datang ke Griya tadi malam adalah orang-orang penting yang sangat menentukan jalannya roda pertambangan di Sumsel.

“Melalui kesempatan yang baik ini, pas rasanya mereka juga disosialisasi Asian Games agar mereka tahu manfaat Asian Games dan orogresnya sejauh ini,” ucap dia. Rip


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita