oleh

Ronaldinho: Saya Ubah Gaya Permainan Barcelona

Kolom:Sepak Bola|8 kali dilihat

NuansaKita – Barcelona : Ronaldinho membocorkan momen paling membangkan selama karir sepakbolanya, yaitu membantu Barcelona untuk merubah gaya permainan melalui gaya khasnya.

Mantan punggawa tim nasional Brasil itu tiba di Catalan dari Paris Saint-Germain pada tahun 2003 dan memenangkan satu trofi La Liga, Liga Champions dan penghargaan Ballon d’Or dalam lima musimnya di Cam Nou.

“Apa yang kalian bisa banggakan adalah membantu merubah gaya permainan di Barcelona dengan gaya khas permainan yang kita biasa lakukan,” tulisnya dalam sebuah surat kepada dirinya sendiri saat masih berusia 8 tahun.

Baca juga :  Jalur Sutera Potensi Pariwisata Sumatera Selatan

“Ketika kalian tiba, Real Madrid masih menjadi raksasa sepakbola Spanyol. Tapi ketika waktu kalian untuk pergi sudah tiba, para pemain akan bermimpi untuk memainkan ‘Cara Barcelona’.

“Peran kalian dalam hal ini akan lebih besar ketimbang apa yang kalian lakukan di atas lapangan.”

Surat yang juga ditujukan untuk memberikan pujian kepada Lionel Messi, yang melakoni laga debutnya bersama Blaugrana satu tahun setelah Ronaldinho datang dan juga menjadi salah satu bintang dalam musim terakhir pemain asal Brasil itu.

Baca juga :  Barcelona Akan Dapatkan Formula Tepat untuk Kontrak Messi

“Kalian akan mendengar tentang bocah ini dalam tim muda,” lanjut mantan striker 36 tahun itu.

“Ia mengenakan nomor punggun 10 seperti kalian. Ia juga kecil seperti kalian. Ia memainkan bola yang sama seperti kalian.

“Anda dan rekan setim Anda akan pergi untuk menyaksikannya bermain bersama skuad muda Barcelona, dan di momen itu kalian akan tahu bahwa ia akan menjadi lebih dari pesepakbola yang luar biasa. Anak ini sangatlah berbeda. Namanya adalah Leo Messi.

“Kalian akan berkata kepada para pelatih untuk membawanya ke dalam tim senior. Ketika dia tiba, para pemain Barcelona akan membicarakan tentangnya seperti para pemain asal Brasil membicarakan tentang kalian.

Baca juga :  Gubernur Targetkan Bibit Pesepakbola Muratara Jadi Andalan  SFC

“Saya ingin kalian memberikan dia sebuah saran. Katakan kepadanya: ‘Bermainlah dengan kebahagiaan. Bermain lepas. Hanya bermain dengan bola’. Bahkan ketika kalian pergi, gaya bebas masih akan bertahan di Barcelona yang ditunjukkan oleh Messi.”

Selama musim ini bergulir, kapten tim nasional Argentina sudah memainkan 23 laga disemua ajang dan mengantongi 26 gol serta 6 assists. (sundul.com)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita