oleh

Budi Jatmiko : PTN dan PTS Harus Punya Kredibilitas

Kolom:Pendidikan|72 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) pusat Budi Jatmiko menegaskan bahwa dosen-dosen yang ada di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan tinggi Swasta (PTS) harus mempunyai kredibilitas yang tinggi untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Hal ini dikarenakan lulusan dari perguruan tinggi akan tersebar di daerah, nasional, maupun internasional untuk membangun peradaban yang ada di Indonesia.

Salah satu ukuran keunggulan dari PTN maupun PTS adalah akreditasi. Dimana akreditasi menjadi salah satu tolak ukur kualitas suatu perguruan tinggi dan dapat menarik minat para calon mahasiswa apabila mempunyai akreditasi yang baik. “Kriteria akreditasi bisa dilihat dari kualitas Kampus, program studi, kinerja amhasiswa, manajemen kampus, penilaian dari Menristekdikti, maupun terkenalnya Perguruan tinggi secara dunia, ungkapnya usai Musyawarah Wilayah APTISI Ke V di Aula Sri Melayu, kota palembang, Rabu (1/2).

Baca juga :  Pengurus GOPTKI Sumsel Resmi Dikukuhkan

Budi mengungkapkan untuk meningkatkan standar mutu diharapkan bantuan Pemerintah Pusat maupun daerah untuk mendukung PTS dalam membangun kinerja yang baik, karena selama ini bantuan kepada PTS itu hanya menyerap 7% itupun bukan berupa bantuan dana masih berupa bantuan-bantuan fasilitas kampus.

Kualitas yang tinggi tidak selalu diukur dengan uang, disini kami berharap kepada pemerintah khususnya kementerian bisa memberikan dana bantuan untuk PTS. “kalau di PTN itu ada bantuan dana subsidi dari pemerintah. Sedangkan PTS menggunakan uang yayasan dan bergantung pada mahasiswanya jadi harus kerja keras untuk mencapai kompetiti yang tinggi, “tegasnya.

Baca juga :  dr. Anton Suwindro, M.Kes : 8,8 Juta Penduduk Indonesia Kekurangan gizi Seimbang.

kedepan juga akan di programkan pendidikan strata 2 (dua) yang akan tersebar di seluruh Indonesia, supaya tidak ada lagi yang ke luar daerah untuk mendapatkan pendidikan, apalagi sampai ke luar negeri. SDM di Indonesia bisa mandiri dan berkualitas apabila mendapatkan jaminan pendidikan yang berkualitas dan pasti bisa bersaing di skala nasional maupun internasional.

Drs. Slamet Widodo selaku koordinator kopertais wilayah II kota Palembang menambahkan bahwa Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta harus mempunyai akreditasi A, kalau kampus memiliki akreditasi A maka lebih banyak peminat yang masuk ke perguruan Tinggi tersebut. Jadi tugas bersama untuk membangun perguruan Tinggi khususnya swasta untuk menjadi berkualitas dan terdepan, pungkasnya. (desta)

Baca juga :  Tim Penggerak PKK Sumsel Gelar Penyuluhan Narkoba

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita