oleh

Calon Siswa SMK 2 Dilarang Ada Tato

Kolom:Pendidikan|86 kali dilihat

NuansaKita – Palembang :  Ratusan calon penerimaan peserta didik baru (PPDB) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palembang 2017 mengikuti sejumlah tes saat mendaftar.Namun bagi calon PPDB SMK Negeri 2 Palembang yang memiliki tato dan bertindik di telinga dipastikan akan gugur secara otomatis.

Plt Kepala SMK Negeri 2 Palembang, Zulkarnain mengatakan, bagi calon PPDB 2017 SMK Negeri 2 Palembang yang memiliki tato dan bertindik di telinga akan dipastikan gugur dan tidak bisa mengikuti rangkaian tahapan seleksi selanjutnya.

“Calon siswa kita larang memiliki tato dan tindik, jika ada maka saat tes kesehatan dan fisik mereka dipastikan tidak akan lolos ke tahapan berikutnya dan kita anggap gugur,” kata Zulkarnain saat ditemui di ruang kerjanya,  (11/06).

Baca juga :  Rumah Belajar Ibu Hawa, Tampung Anak - Anak Putus Sekolah

Dari pantauan di lapangan, terlihat tak hanya calon siswa SMKN 2 Palembang yang datang, namun para orang tua siswa juga ikut mendampingi anaknya untuk mendaftar sekolah.

Diungkapkan Zulkarnain, selain itu, beberapa kriteria persyaratan juga harus dipenuhi calon siswa seperti tidak mengonsumsi narkoba dan barang haram sejenisnya. Sanksi yang sama akan diberikan kepada calon siswa jika diketahui memiliki kriteria yang dilarang tersebut.

“Siswa harus mendaftarkan diri, setelah itu langsung tes kesehatan dan fisik, setelah itu barulah mendapatkan nomor untuk melanjutkan ke tahapan tes akademik pada 3 Juli mendatang,” terangnya kepada wartawan sumatera deadline.

Baca juga :  Arip Farawita Terpilih ketua PW IPNU Sumsel

Dijelskannya, jumlah kuota SMK Negeri 2 Palembang pada pelaksanaan PPDB 2017 sebanyak 1.080 orang siswa untuk mengisi 7 program keahlian yang tersedia. Jumlah total tersebut sudah termasuk bagi calon siswa dari jalur Penelusuran Minta Prestasi Akademik (PMPA).

“Khusus calon siswa bergama Islam, mereka wajib bisa baca tulis Al-Quran. Namun bagi yang belum lancar maka akan dilakukan pembinaan setelah lulus di sekolah,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu calon siswa SMK Negeri 2 Palembang, Irwansyah mengatakan, untuk syarat berkas semuanya sudah lengkap, ia juga mengatakan saat dites kesehatan, dirinya merasa gugup, karena harus membuka baju untuk melihat bebas tato, tindik, dan narkoba.

Baca juga :  Mahasiswa UIN Adakan Lomba Tahfiz

“Alhamdulillah mbak semua tes sudah diikuti, namun saya sempat malu karena harus membuka baju, karena panitia ingin melihat apakah saya memiliki tato. Saya beroptimis akan lulus di SMK N 2 Palembang ini,” pungkasnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita