oleh

Giri Ramanda : Cegah Golput, Masyarakat Harus Bangga Ikut Pilkada

Kolom:Pendidikan|1 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Menjelang pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun-tahun mendatang, masyarakat diimbau aktif berpartisipasi menggunakan hak pilihnya, alias tidak golongan putih. Terutama kaum intelektual muda, yakni mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Giri Ramanda Kiemas saat membuka Pekan Komunikasi Politik Kebangsaan yang diselenggarakan fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) di Akademik Center UIN Raden Fatah Palembang, Selasa (25/10).

Baca juga :  Jelang UN, 5 Siswa SMP Andikpas LPKA Pakjo Lakukan Simulasi UNBK

Menurutnya, kesadaran berpolitik hendaknya dikenalkan sejak dini mulai dari bangku kuliah.”Saya imbau semua kita, termasuk adik-adik mahasiswa agar berpartisipasi dalam politik. Hak berpolitik kita sama, memilih dan dipilih. Terutama hak memilih, kita harus aktif dan memanfaatkan sebaik-baiknya,” katanya.

Ditambahkannya, golput dalam politik dinilai sudah membudaya di masyarakat, sehingga budaya negatif tersebut harus diubah. Untuk itu diharapkan masyarakat bisa memiliki pola pikir bangga ikut memilih pada suatu Pilkada, bukan malah acuh.

Dirinya juga berharap kepada FISIP UIN Raden Fatah, agar mampu menanamkan kesadaran berpartisipasi dalam politik bagi segenap mahasiswanya.

Baca juga :  Minim Anggaran, Kuota Program Kuliah Gratis Berkurang

Menurutnya, mahasiswa jangan hanya dijejali dengan materi politik, namun kesadaran berpolitik juga harus ditumbuhkan. Karena substansi pendidikan politik dinilainya adalah untuk menumbuhkan kesadaran berpartisipasi dalam politik.

“Ketika dia seorang politikus, dia sangat peduli terhadap politik. Namun ketika hanya masyarakat biasa, dia apatis terhadap politik. Kesadaran berpartisipasi ini harus ditumbuhkan karena sistem demokrasi sejatinya mengharuskan setiap warga negaranya terlibat di dunia politik,” tegasnya.

Sepakat dengan yang disampaikan Ketua DPRD Sumsel. Dekan FISIP UIN Raden Fatah, Prof. Dr. H. Amin Suyitno, M. Ag mengungkapkan, fakultas yang dipimpinnya kini tengah berusaha mencetak generasi yang penuh kesadaran berpolitik.

Baca juga :  Istimewa, Promosi Doktor Saefudin Dihadiri Rhoma Irama

“Politik itu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Rasulullah SAW pun mengajarkan umatnya untuk berpolitik,” singkatnya.(juwita).


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita