oleh

Guru Berprestasi, Gubernur Berikan Reward Study Banding Ke Luar Negeri

Kolom:Headline, Pendidikan|6 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Tenaga pendidik sangat berperan penting dalam lingkungan sekolah untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Oleh karena itu pemerintah Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan menyeleksi kepala sekolah, guru serta pengawas yang berprestasi.

Pemilihan guru dan tenaga pendidikan ini dibuat dalam rangka memberi saluran guru untuk menunjukkan kapasitas, kinerja, dan kualitas untuk mengejar prestasi yang baik.

Selain itu, bagi 31 guru dan tenaga pendidik yang terpilih atas dedikasi dan prestasi pengabdian yang telah ditunjukkan selama ini. Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin memberikan penghargaan berupa study banding ke Batam, Singapura dan Malaysia.

Baca juga :  Wagub Ishak Sampaikan Pendapat Gubernur Terkait 2 Raperda Inisiatif DPRD

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo, Senin (24/10), mengatakan study banding ini juga bertujuan untuk membekali tenaga pendidik dan guru dengan pengalaman nyata. “Jadi mereka lebih bisa lagi meningkatkan bentuk pelayanan kepada masyarakat di bidang pendidikan di sekolah. Kiranya itu akan memberikan kemampuan dan contoh kongkrit bagaimana melakukan inovasi dan pembenahan sekolah mereka masing-masing sepulang mereka studi ke sana,” urai Widodo.

Sementara, Salah satunya Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 179 Palembang, Maulina, S. Pd, M.M, yang berhasil lolos seleksi kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi dan selanjutnya akan bersaing dengan kepala sekolah dari berbagai daerah di Indonesia dalam tingkat nasional mengungkapkan rasa senang dan bahagianya karena mendapatkan penghargaan dari gubernur untuk study banding ke Batam, Singapura dan Malaysia selama lima hari (27 – 31 Oktober) mendatang.

Baca juga :  Tidak Ikut Amnesty Pajak, Alex Noerdin : Harto aku Lah Dilaporke Galo

“Kita diberi reward akan study banding ke Batam, Malaysia dan Singapura, semoga saja dalam kunjungan itu kita bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang lebih maju untuk.diaplikasikan ke sekolah kita masing-masing,” ujarnya.

Menurut Lina, sapaan akrabnya, poin penting yang dinilai dalam pemilihan ini, khususnya untuk guru adalah memiliki kemampuan untuk mengolah pembelajaran yang baik dengan cara mengkolaborasikan IT. Karena saat ini anak-anak sudah akrab dengan IT dan hal itu akan semakin bagus jika direalisasikan dalam pembelajaran di sekolah.

Baca juga :  Alex Noerdin Instruksikan Disnakertrans Sosialisasikan UMP Hingga Ke Lapisan Terbawah

Tidak mudah bagi Lina untuk menyabet gelar kepala sekolah berprestasi, dalam proses penyeleksian, dirinya tentu saja melalui berbagai proses tahapan yang cukup ketat.”Kita diseleksi secara bertingkat dari kecematan, kabupaten/kota dan tingkat provinsi, lalu nanti baru naik ke tingkat nasional. Sebelumnya, kita membuat portofolio, tes wawancara seputar pendidikan, dan presentasi keunggulan yang sekolah kita miliki,” tutupnya. (juwita)


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita