oleh

Ini Peran Mahasiswa Kedokteran di Era JKN-KIS

Kolom:Pendidikan|7 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang telah dilakukan Sosialisasi Bersama Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Guna Merealisasikan Universal Health Coverage (UHC) Pada Tahun 2019 dengan tema Peran Mahasiswa Kedokteran di Era Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat.

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Deputi Direksi Wilayah Sumsel, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu, Erna Wijaya Kesuma, lalu Sekretaris Utama BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi, dan PPS Kepala Cabang Palembang, Herman Indratmo, Ketua Program Studi Profesi Kedokteran Unsri, Hertanti, Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Unsri, Susilawati dan Mahasiswa Kedokteran Unsri.

Baca juga :  Fitriyanti Mengatakan, Guru Pendidik Untuk Kemajuan Bangsa

Irfan Humaidi yang bertindak sebagai narasumber mengemukakan bahwa Mahasiswa Kedokteran memiliki peranan yang sangat besar dalam menyukseskan UHC. Peran Aktif dari mahasiwa yang diharapkan dalammewujudkan Universal Health Coverage antara lain melakukan kampanye kepada masyarakat agar memiliki jaminan kesehatan program JKN-KIS, sebagai perlindungan atas kesehatannya, melakukan edukasikepada masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

“Contohnya Kampanye Anti Rokok, bekerjasama dengan BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi tentang program JKN-KIS, aktif dalam organisasi di bidangkesehatan, menggalang dana untuk donasi masyarakatkurang mampu yang belum tercover program JKN-KIS, menyukseskan program Kader JKN-KIS,” tutur Irfan, Kamis (13/09).

Baca juga :  SMA 10 Bantah Ada Pungli

Dia menyatakan bahwa Kolaborasi peranPemerintah Pusat, Pemda dan masyarakat(CSR/program donasi/filantrofi/yayasan, dan lainnya) sangat penting untuk memperluas cakupan program JKN-KIS, dimana Mahasiswa Fakultas Kedokteran adalah bagian dari masyarakat.

Peran Mahasiswa FK saat ini dan di masa depan, saat ini mahasiswa sebagai Agen Promotor, artinya mahasiswa dapat menyebarluaskan mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional dan di masa depan sehubungan dengan kebutuhan fasilitas kesehatan yang meningkat.

“Maka dimasa depan mahasiswa tersebut dapat memenuhi kebutuhan fasilitas kesehatan Fill in the Gap dalam supply side,” ungkap Irfan. Rip

Baca juga :  Hadiri Milad ke-40, Gubernur Sumsel Minta UMP Jaga Kepercayaan Masyarakat 

Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita