oleh

Jelang UN, 5 Siswa SMP Andikpas LPKA Pakjo Lakukan Simulasi UNBK

Kolom:Pendidikan|32 kali dilihat

NuansaKita – Palembang : Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) 2017 tak hanya diikuti oleh siswa di sekolah umum saja, akan tetapi juga diikuti oleh siswa anak didik lapas (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Pakjo Palembang.

Staf Bimbingan dan Pelatihan LPKA Klas I Pakjo, Rudi Iskandar mengungkapkan, pelaksanaan UNBK tahun 2017 terdapat lima orang siswa Andikpas LPKA Klas I Pakjo yang terdaftar sebagai peserta. Satu diantara siswa tersebut sudah berstatus bebas dan empat diantaranya masih dalam proses pembinaan.

“Kalau pelaksaan UNBK tingkat SMP merupakan tahun pertama, tahun sebelumnya masih melaksanakan secara manual,” katanya, Selasa (21/03).

Baca juga :  Angkatan Pertama Poltekpar, Irene Camelyn : Kita Benar-Benar Jor Joran

Rudi menjelaskan, dalam pelaksanaan simulasi UNBK tahap terakhir ini, siswa simulasi dicampurkan dengan siswa yang berasal dari SMP negeri 22 Palembang. Namun, pengawasan dan pengawalan tetap dilakukan oleh dua orang personil dari pihak LPKA Klas I Pakjo Palembang.

“Pengawalan tidak dilakukan secara ketat, karena dikhawatirkan siswa akan merasa tertekan. Namun, kita tetap waspada dan lain sebagainya karena pelaksanaannya menumpang di SMAN 11 Palembang,” urainya.

Sementara, proktor UNBK SMAN 11 sekaligus tim Posko UNBK Provinsi Sumsel, Roni Martha Yudha, total semua siswa yang meminjam komputer pelaksanaan UNBK 2017 ada 500 siswa dari tiga sekolah yakni SMP negeri 55, 22 dan SMP Yulis Palembang.

Baca juga :  Sekolah Islam Al Azhar di Sumsel Terus Berkembang

“Untuk komputer utama ada 180 unit dan 30 cadangan. Server ada 6 enam dan cadangan ada disetiap ruangan satu server,” kata dia.

Pelaksanaan sendiri, ungkap Roni, dilakukan selama dua hari yakni pada 20-21 Maret 2017. Setiap harinya ada tiga sesi dan satu pelajar mulai jam 07.30-09.30 untuk sesi pertama, jam 10.00-12.00 untuk sesi kedua dan jam 13.00-15.00 WIB dengan pelajaran bahasa Indoensia untuk hari pertama dan IPA untuk hari kedua.

“Untuk Andikpas LPKA Pakjo diletakkan pada sesi pertama gabung dengan siswa dari SMP negeri 22 Palembang,” tambahnya.

Baca juga :  Ombudsman Sebut SMAN 5 dan SMAN 6 Palembang Lakukan Maladministrasi

Terpisah, salah satu siswa SMP Andikpas LPKA Klas I Pakjo Palembang, Agung Pramudya mengatakan, pelaksanaan simulasi sendiri berjalan dengan baik karena pembelajaran komputer sendiri telah didapatkannya saat belajar di LPKA Klas I Pakjo.

“Kalau operasional komputer tidak menemukan kendala karena kami juga ada lab komputer yang digunakan untuk belajar di kelas. Paling yang dipersiapkan lagi materi pelajaran agar lebih matang,” tutupnya.


Penulis : | Editor : Tumpal Simaremare

Kabar Berita